Calistung Ajang Mencari Bibit Berprestasi

0 487
Link Banner

Lomba Diikuti 74 SD Di Kecamatan Cianjur Kota

CIANJUR | Harian Waktu – Sebanyak 74 Sekolah Dasar (SD) se­-Kecamatan Cianjur, mengikuti perlombaan Baca Tulis Hitung (Calistung), yang dikemas dalam kegiatan Olimpiade Sain Nasional (OSN) tingkat kecamatan. Kegiatan yang diadakan oleh UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cianjur ini guna mencari bibit-bibit berpresatsi. Kegiatannya lomba tersebut digelar Mulai kemarin hingga Sabtu mendatang.

Wakil Ketua Panitia Perlombaan (Calistung-OSN) Kecamatan Cianjur, Suatiningsih mengatakan, pihaknya  menyelenggarakan berbagai lomba dalam rangka meningkatkan kualitas siswa dari penerapan pengajaran gurunya. “Jadi kegiatan ini sebagai tolak ukur keberhasilan proses belajar mengajar siswa siswi dari kelas 1 hingga kelas 3 Sekolah Dasar di Cianjur,” ujarnya.

Untuk Penilaian pemenang lomba, Suatiningsih berujar, dewan juri yang kridibel sesuai dengan bidangnya serta netral pada setiap penilaian. “Insya Alloh kami netral dalam penilaiannya dan tidak ada rekayasa, Dan siswa-siswi yang berprestasi akan kami ikutsertakan dalam lomba yang sama ke tingkat yang lebih atas lagi yaitu se-kabupaten Cianjur.” Ujarnya.

Jadwal Calistung sendiri,  akan dilaksnakan secara berurutan, untuk kelas 1 dilaksankan hari ini (Kamis red), kelas dua hari Jum’at dan kelas 3 hari Sabtu. “Sebetulnya kedepan banyak perlombaan yang akan diselenggarakan.Tidak hanya calistung saja, karena di semaester akhir ini sedang ada dua fokus kegiatan yaitu untuk kelas 6, focus kepada ujian akhir dan kelas 1 sampai kelas 3 fokus untuk mengikuti lomba,” jelasnya.

Tujuan untuk melihat kemampuan dan keberanian siswa melalui lomba khususnya dalam lomba menghitung,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Kecamatan Cianjur, Deden Karsanugraha mengatakan, Perlombaan kesiswaan tersebut sudah menjadi program kerja dalam kalender tahunan. Ini juga sebagai evaluasi seberapa jauh guru-guru menerapkan hasil belajarnya selama satu tahun, baik itu di bidang saint atau keilmuan, olahraga dan seni.

“Kami berharap dengan adanya perlombaan seperti ini, para siswa bisa meningkatkan prestasi akademiknya, juga memotivasi para guru agar lebih maksimal dalam menyampaikan pengajarannya,”

Selain itu dirinya berharap agar para juara yang dijaring dalam perlombaan tersebut bisa mengharumkan UPTD Kecamatan Cianjur,  dan sekolahnya masing-masing.

“Pertama, kita mencari bibit-bibit berprestasi untuk utusan Kecamatan Cianjur ke tingkat kabupaten. Kedua juga kita mengevaluasi keberhasilan guru-guru dalam proses belajar mengajar. Dan lebih baik lagi menjadi perwakilan kabupaten di tingkat provinsi dan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk tingkat nasional” pungkasnya. Ismat Nasrulloh

Category: Cianjur PintarTags:
resto
No Response

Leave a reply "Calistung Ajang Mencari Bibit Berprestasi"

[+] kaskus emoticons