Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Anggota DPR RI Di Desa Sindanglaka

oleh

Karangtengah, HW – Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, Bersama DR. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA sukses dilaksanakan di aula bale Desa Sildanglaka Kecamatan Karangtengah.

Acara yang dihadiri oleh jajaran Pengurus Cabang, Anggota DPRD Kabupaten Cianjur serta Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Demokrat itu berlangsung tertib dan terjadi tanya jawab yang dinamis.

Dalam paparannya, Sarif Hasan mengungkapkan masarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan nilai – nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika harus tetap terjaga demi terpeliharanya keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara. Jangan sampai ada letupan – letupan antar masyarakat yang berbeda suku, ras dan agama. Disini jugalah peran penting pemangku kebijakan ketertiban dan keamanan sampai tingkat Polres dan Polsek.

Sarif juga mengingatkan bahwa kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia saat ini sedang diuji dengan isue yang terpusat pada diri seorang Ahok, yang kebetulan kejadiannya dalam masa Pilkada serentak seperti ini,”awal kericuhan memang ketika Ahok yang membawa – bawa cuplikan salah satu ayat dari Al Quran yang menurut dia sering dipakai tokoh agama kita untuk membohongi ummatnya. Dan inilah yang membuat ummat Islam bereaksi keras, ” tuturnya mengingatkan

Dalam kesempatan lain, Sarif menerangkan, bahwa gagasan awal dari sosialisasi 4 pilar ini adalah Alm. Taufik Kemas, dan dinilai sejalan dengan kebutuhan penyadaran terhadap masyarakat dalam kehidupan bernegara di Indonesia. Menurutnya, peninggalan Alm. Taufik Kemas ini perlu terus dilaksanakan.

Sebelum masuk pada sesi tanya jawab, Ketua DPRD kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi, SH, mengutarakan bahwa dalam pemahaman mengenai 4 pilar kebangsaan ini harus difahami juga mengenai lambang negara dan palsafah bernegara yakni Pancasila harus tetap jadi pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat di Desa Sindanglaka ini.

Acarapun sempat dibuat riuh rendah dan tepukan tangan hadirin manakala seorang RW bertanya soal Raskin yang dihentikan,”memangnya kenapa pemerintah sekarang menghentikan Raskin, Pak. Kami disini kan masih butuh,” Tanyanya.

Dan Sarifuddin Hasan pun, disela senyumnya menyatakan,” pada dasarnya pemerintah memang seharusnya berada ditengah – tengah rakyat yang serba kekurangan, dan memilih serta memilah program mana yang harus diteruskan,” jawabnya.

Sementara Kepala Desa Sindanglaka, Sarkosih Riyadi, sebagai tuan rumah dalam acara tersebut menyambut baik program sosialisasi 4 pilar kebangsaan oleh Anggota DPR RI.  Dirinya berharap agar pengalaman Sarif Hasan di desanya membuat perubahan yang berarti bagi kemajuan bersama, terutama pemahaman warganya mengenai arti penting Pancasila, UUD 1945, keutuhan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco