Seni Sebagai Media Pendidikan

oleh

Oleh: Fitri Nurfaida, S.Sn, M.Pd

*Guru Seni SMPN 1 Cianjur / Ketua II Dewan Kesenian Cianjur (DKC)

Seni sebagai media pendidikan mengandung makna bahwa melalui seni, pendidikan harkat kemanusiaan dibina. Di dalam pembelajaran seni dipelajari makna pembinaan individu pembelajar agar lebih dewasa, memiliki kepribadian, mengembangkan karakter yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan seni yang dimaksud di atas bertujuan untuk membina ketiga komponen individu tersebut. Seperti halnya mata pelajaran yang lain, serumit apapun dan sesukar apapun proses pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran seni pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan harkat kemanusiaan. Mata pelajaran lain pada umumnya memiliki fungsi melatih pikiran. Adapun tugas utama pendidikan seni adalah melatih perasaan estetis. Sesungguhnya seni atau pendidikan seni memiliki peran dan fungsi yang penting bagi pendidikan secara umum. Dengan perkataan lain, dalam perspektif pendidikan, seni dipandang sebagai alat atau sarana untuk mencapai sasaran pendidikan.

Pendidikan seni berkewajiban mengarahkan ketercapaian tujuan pendidikan secara umum yang memberikan keseimbangan rasional dan emosional, intelektualitas dan sensibilitas. Dengan pendekatan ini pendidikan seni tidak ditempatkan dalam upaya pengembangan dan pelestarian seni sebagai hasil budaya manusia, tetapi lebih ditekankan kepada proses pembentukan karakter anak serta penanaman nilai-nilai universal yang terkandung di dalamnya.

Dengan munculnya kurikulum 2013 pendidikan seni sekarang, siswa dituntut untuk  selalu lebih aktif dalam belajar. Agar proses pembelajaran menjadi bermakna, tidak cukup hanya dengan mendengar, melihat, dan mencatat apa yang ada di papan tulis dan apa yang didengar. Tetapi harus melakukan aktivitas (membaca, bertanya, menjawab, berpendapat, mengerjakan, mengkomunikasikan, presentasi diskusi, dan sebagainya). Dengan keaktifan diharapkan dapat mengubah cara berpikir siswa tentang pembelajaran seni yang menyenangkan, sehingga berujung pada peningkatan prestasi belajar, khususnya dalam mengembangkan apresiasi serta kreatifitasnya dalam berkesnian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco