Minat Belajar Matematika Rendah, Benarkan Pelajaran Matematika Paling Ditakuti

oleh

CILAKU | Harian Waktu – Anak-anak sekolah seringkali begitu tegang menghadapi pelajaran matematika, bahkan beberapa anak menjadi hilang kepercayaan diri. Kenapa matematika jadi pelajaran yang paling ditakuti anak sekolah?

ada beberapa hal yang membuat anak-anak takut dengan pelajaran matematika, yaitu, tidak suka dengan guru yang mengajarnya. Misal, gurunya suka marah-marah, galak atau memiliki wajah seram sehingga membuat anak-anak menjadi takut dan mengakibatkan dirinya sulit menerima pelajaran tersebut.

“Untuk memicu semangat dalam belajar, metode pembelajaran dengan memberikan motivasi merupakan hal yang sangat penting,” ujar  Dede Rosadi guru matematika di SMP Nahdlatul Ulama Kecamatan Cilaku, Cianjur, memberikan sedikit motivasi, baru-baru ini.

Dede Rosadi menjelaskan pembelajaran matematika merupakan satu pelajaran yang sangat ditakuti, atau tidak disukai oleh sebagian siswa hampir diseluruh sekolah.

”Makanya perlu diterapkan satu metode yang akan merangsang siswa semangat belajar dan enjoy saat mengikuti pembelajaran, ” ungkapnya.

 Menurutnya, siswa dikelas paling maksimal mempunyai fokus belakar 20 menit dari 120 menit waktu belajar, makanya guru dituntut cerdas dalam menyajikan materi.

 ”Di SMP NU, khusus pembelajaran matematika siswa di absen oleh gurunya wajib menjawab dengan satu jawaban pengertian rumus, hal itu dimaksudkan supaya mereka hapal rumus saat belajar,” katanya.

 Dia mengakui, absen dengan cara itu lama, namun itu dilakukan demi suksesnya pembelajaran dikelas, Dede mengakui, pembelajaran itu terbilang berhasil.

 ”Dibandingkan dengan metode lain, cara pembelajaran tersebut lebih efektif dibandingkan metode ceramah, guru hanya berupaya bagaimana cara pembelajaran efektif dan berhasil,” imbuhnya.

Sebetulnya siswa tidak bisa dipaksakan, untuk bisa satu mata pelajaran lantaran tiap – tiap siswa mempunyai kegemaran tersendiri terhadap mata pelajaran.

 ”Kadang siswa itu pintar bermatematika, tapi dia tidak pintar berbahasa Inggris, begitupun pelajaran yang lainnya,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco