Pedagang Mengeluh, Minta Berjualan Di Halaman Kantor Disdukcapil

oleh

KARANGTENGAH | Harian Waktu – Deretan kios dan warung di Jalan Raya Bandung, tepatnya disebrang Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur menunggu kebaikan hati Kepala Dinas (Kadis) untuk bias berdagang di dalam komplek dinas. Karena dengan masih  berjualan di pinggir jalan para pedang tidak bisa tenang, khawatir sewaktu-waktu ada mobil yang nyelonong menabrak warung atau ditertibkan Sat Pol PP.

Menurut salah seorang pedagang, Warno (62), dia dan rekan-rekannya kebanyakan melayani pembeli masyakat yang sedang mengurus identitas kependudukan di Disdukcapil.”Tapi posisi kios kami yang bersebrangan dengan kantor sangat riskan kecelakaan. Jalur lalu lintasnya padat dan cepat,” ungkapnya.

Kalau dulu, lanjutnya, kami berjualannya masih di depan kantor jadi pembeli tidak usah menyebrang. Tapi karena dianggap dagang dibadan jalan dilarang, kami terusir dari tempat itu dan pindah disebrang jalan. “Intinya kami ingin dagang di dalam komplek Disdukcapil, demi keamanan pembeli,” tambahnya.

Informasi yang didapat HW, pernah kejadian tewasnya seorang perempuan warga Pagelaran yang tergilas mobil pembawa ikan ketika hendak menyebrang ke kantor Disdukcapil. Korban sebelumnya sempat membeli jajanan di warung.

Sementara Sekretaris Disdukcapil, Pujo Nugroho mengungkapkan pihaknya sudah memikirkan hal itu juga. Pihak Disdukcapik, sebenarnya sedang menunggu ajuan pembangunan kantor baru dari Pemerintah Provinsi. Tapi ternyata untuk anggaran murni sekarang ajuan tersebut gagal lagi.”Ini usaha kami untuk yang ketiga kalinya,” katanya.

Masih menurut Pujo, nantinya kalau sudah dibangun gedung baru, kios-kios yang disebrang sana akan ditata, disesuaikan posisinya dengan keberadaan bangunan dinas yang baru. Kalau para pedagang, dimasukan kedalam komplek dinas sekarang, dikhawatirkan akan menganggu kenyamanan masyarakat yang memerlukan identitas kependudukan.

“Belum lagi urusan kebersihan, ketertiban dan keamanannya harus kami pikirkan juga,” pungkas Pujo kepada HW (21/2) diruang kerjanya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco