Bupati Cianjur : OPD harus Inovatif Melayani Masyarakat

oleh

KARANGTENGAH, Harian Waktu – Bupati Cianjur, H. Irvan Rivano Muchtar menghendaki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk inovatif dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Bupati dalam acara  Penyelenggaraan Forum Gabungan Perangkat Daerah Tahun 2017 Dalam Penyusunan RKPD Kabupaten Cianjur tahun 2018 bertempat di aula Badan Pembangunan Daerah (Bapeda).

Dalam acara yang di hadiri para kepala OPD serta jajaranya, Bupati juga menerangkan soal masukan yang dikemukakan olek Komisi Pemberantasan Korupi (KPK) yang menekankan pada perbaikan pelaksanaan administrasi maupun perbaikan pelaksanaan kegiatan pembangunan di kabupaten dan kota, yang meliputi pengelolaan aset, pelaksanaan pembangunan mulai dari perencanaan hingga pengawasan, system dan terakhir pencapaian target.

Bupati menceritakan pernah mendapat komplain soal dipusatkannya pelayanan pengadaan lelang barang dan jasa, ternyata KPK juga menekankan hal itu. Jadi, untuk hal ini Kabupaten Cianjur  selangkah lebih dulu sudah melaksanakannya.

Kembali pada tema acara, Kang Irvan, sapaan akrab Bupati Cianjur, menghendaki agar setiap OPD membuat inovasi kebijakan, disamping melayani yang sifatnya normatif dan rutin dalam melayani warga masyarakat. ”Apa yang menjadi inovasi unggulan akan dikompetisikan ditingkat regional Jawa Barat, ditingkat Nasional bahkan ditingkat Internasional,” tambahnya.

Bupati mencontohkan di bidang kesehatan, layanan kesehatan di Kabupaten Cianjur melalui RSUD Cianjur berinovasi dengan mendirikan stroke center, RSU Cimacan berinovasi jadi rumah sakit internasional dan mendirikan rehabilitasi narkoba, lalu di Pagelaran ada rumah sakit tanpa kelas  ataupun RSU Sindangbarang mempokuskan diri menjadi Rumah Sakit Herbal.

Lebih lanjut Bupati memberikan pemahaman menyangkut jargon Cianjur Jago. Disini Bupati menerangkan bahwa Cianjur Jago bukanlan program. Melainkan hanya sebuah slogan yang tidak perlu diPerdakan atau diPerbupkan. “Cianjur Jago itu berarti Cianjur yang unggul dalam segala bidang. Dan selama saya menjabat Bupati, Cianjur Jago ini akan tetap menjadi jargon yang tidak akan terpisahkan,” pungkasnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco