Pungli DPMPTSP Kota Bandung, Polisi Segera Limpahkan Berkas ke Kejaksaan

oleh

BANDUNG, Harian Waktu – Satreskrim Polrestabes Bandung segera melimpahkan berkas perkara dugaan pungli dan gratifikasi yang dilakukan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dandan Riza Wardana. Saat ini kepolisian masih melengkapi berkas yang didalamnya terdapat rekonstruksi langsung.

Hal itu disampaikan ‎Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M. Yoris Maulana di Kantor DPMPTSP, Jalan Cianjur, Kota Bandung, Sabtu (25/2), usai melakukan rekonstruksi atau reka adegan. Rekonstruksi menghadirkan langsung tersangka Dandan dan juga lima staf. Para tersangka memeragakan 80 adegan.

“Setelah rekonstruksi, minggu depan kami akan kirimkan berkas perkaranya ke jaksa. Nanti kami menunggu hasil penelitian berkas perkara dari JPU (Jaksa penuntut umum),” kata Yoris.

Dia mengaku, rekonstruksi yang dihadiri korsub KPK dan Kejari Bandung akan segera dimasukkan untuk kelengkapan berkas perkara.

Seperti diketahui, Sat Reskrim Polrestabes Bandung melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Dandan pada Jumat (27/1) malam. Dalam OTT tersebut, petugas menyita barang bukti uang senilai Rp364 juta, USD 24.000, ‎124 Poundsterling, dan buku rekening yang mencatat aktivitas transaksi senilai Rp500 juta.

Uang tersebut diduga merupakan hasil pungli yang dilakukan Dandan bersama lima pegawainya untuk memuluskan perizinan.

Kasus yang menjerat Dandan sempat menyita perhatian masyarakat luas dan pejabat di lingkungan Pemkot Bandung, termasuk Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang merasa prihatin dengan peristiwa yang menimpa salah satu pejabat di lingkungan Pemkot Bandung.

Emil sempat mengungkapkan, perasaannya cukup sedih karena instruksinya tidak diindahkan. “Saya prihatin karena sudah berkali kali di setiap rapat, di setiap kesempatan, saya ingatkan, jaman sudah berubah. Fokus pada pelayanan kepada warga. Jangan tergoda oleh macam-macam. Ke semua orang saya selalu menekankan itu,” ucap Emil, beberapa waktu lalu..

Baginya, kejadian ini menunjukkan bahwa kepolisian telah bergerak cepat melakukan tindakan terhadap para pelaku pungli dengan sangat baik. Kepolisian merupakan bagian dari Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kota Bandung. Tim ini telah menerjemahkan arahannya dalam membersihkan birokrasi di Kota Bandung.

“Memang sejak pelantikan Tim Saber Pungli, saya sudah mengarahkan kepada tim kepolisian dan tim Saber Pungli untuk berkoordinasi merumuskan pembersihan birokrasi Kota Bandung,” katanya.

Meskipun demikian, ia tidak pernah secara spesifik meminta pemeriksaan dilakukan di SKPD tertentu. Ia hanya ingin agar kualitas penegakkan hukum terkait pungutan yang tidak semestinya itu bisa meningkat. Zacky/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco