Juri Pun Ikut Berpuisi

oleh

SUKALUYU, HarianWaktu – Kemeriahan dan keriuhan mewarnai acara Festival Lomba Seni Sekolah Nasional Tingkat Kecamatan Sukaluyu, kemarin. Pasalnya, kegiatan tersebut tim juri ikut membacakan puisi. Selain ikut, tim juri perlombaan berpredikat professional.

Seorang Dewan Juri Ihsan Subhan, mengatakan, penyelenggaraan lomba puisi ini meriah dan serta berjalan lancar. “Seluruh peserta dari  25 peserta kita hanya mengambil 6 pemenang, dan pesertanya pun punya potensi yang bagus,” imbuhnya.

Lomba puisi tersebut, kata kang Ihsan, panggilan akrbanya,  adalah salah satu ajang untuk melatih keterampilan siswa dalam berbahasa Indonesia yang sesuai aturan tata bahasa serta ada  seni satsra indonesianya. “Insya Alloh setiap siswa yang tampil karena memang puisi adalah salah satu bagian dari sastra yang akan menunjang kecerdasan akademik bagi siswa,” tutur ihsan.

Saat disingung mengenai keutuhan bahasa Indonesia sendiri, Kang Ihsan menyebutkan, memang Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang harus dipelihara dan dijaga keutuhannya, salah satunya dengan mempelajari cara yang baik menulis dan membaca melalui puisi sebagai bagian dari sastra.

“Memang sastra bukan hanya saja puisi, akan tetapi mengingat pentingnya memelihara budaya dan keutuhan bahasa makanya pemerintah kali ini mengadakan penyelenggaraan lomba bidang sastra, khususnya lomba baca puisi itu sendiri,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Forum Kegiatan Olahraga dan Seni (FKOS) Kecamatan Sukaluyu mengatakan, untuk penyelenggaraan kegiatan lomba seni memang sudah berjalan selama dua hari.  “Untuk penyelenggaraan puisi sudah dilakukan pengumuman pemenangnya,dan berlangsung seru, karena para peserta disuguhkan penampilan dari dewan juri dalam melakukan pembacaan puisi secara baik, ” tandasnya.

Dia berharap agar perwakilan dari Kecamatan Sukaluyu yang merupakan urutan pertama pemenang lomba puisi, bisa menjadi andalan di tingkat Kecamatan. “Ya mudah-mudahan tidak hanya lomba yang lain, lomba puisi pun bisa menjadi andalan kami nanti di Tingkat Kabupaten,” harapnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco