Jam Kayu Bamboo Hasil Kreatif Tujuh Pemuda

oleh

Harian WaktuDITANGAN orang kreatif, barang bekas ternyata bisa disulap menjadi barang berharga dan bernilai. Seperti yang dilakukan tujuh orang pemuda yang tergabung dalam industri rumah tangga Bamboo di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas. Barang bekas yang tidak terpakai menjadi inspirasi dalam menciptakan sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis tinggi berupa jam tangan.

Berbeda dengan jam yang diproduksi pabrik seperti pada umumnya, buatan Bamboo memiliki keunikan karena hampir seluruh material jam terbuat dari kayu Pinus Asia atau Eropa dan yang biasa dikenal dengan Jati Belanda.

Selama empat bulan, mereka terus melakukan uji coba untuk menciptakan sebuah jam tangan dari kayu yang tahan terhadap air. Hasilnya, hingga kini sudah tercipta beberapa jam tangan yang diberi nama berbagai objek wisata di Indonesia, seperti Bromo, Bajo, Toba, Tobi, dan Kumba.

“Kami juga sudah mengeluarkan jam tangan dari kayu edisi spesial bertemakan ‘Cianjur Jago’,” ujar CEO Bamboo, Gilar Gumilar.

Dikatakannya, awal memproduksi jam tangan dari kayu berlokasi di Kampung Jemprak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas. Namun untuk mempermudah mendapatkan bahan dan memasarkannya, akhirnya lokasi produksi dipindah ke Cimahi.

Saat ini pemasarannya dilakukan secara offline dan online, di mana sudah merambah ke beberapa daerah, seperti Jakarta, dan Banten. Harganya pun bervariasi, dari mulai Rp850 ribu hingga Rp950 ribu, jika ingin dibuatkan nama atau merek khusus di dalam jam.

“Kalau sekarang ada edisi spesial Cianjur Jago, ke depan kami juga akan membuat seri batu akik,” sebutnya.

Dirinya berharap, karya jam tangan yang dibuat dari kayu bersama rekan-rekannya itu bisa mendorong semangat anak-anak muda lainnya di Cianjur, untuk bisa menciptakan sebuah karya yang memiliki nilai jual.

“Saya harap anak-anak muda sekarang bisa lebih kreatif lagi, Sehingga menjadi pemuda sukses,” tandasnya. Putra Lugina Sukma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco