Kuota Haji Jabar Bertambah Jadi 38.626

oleh

* Selesainya Renovasi Masjidil Haram dan Tambahan Kuota khusus dari Raja Salman

 

CIREBON │ Harian Waktu – Provinsi Jawa Barat tahun ini mendapatkan jatah kuota haji sebanyak 38.626. Jumlah tersebut lebih banyak atau bertambah dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 28.000 lebih. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) saat menggelar Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jabar di Cirebon, belum lama ini.

Aher mengungkapkan, bertambahnya kuota haji ini karena selesainya renovasi Masjidil Haram yang sempat berpengaruh pada pengurangan kuota haji untuk masing-masing negara. Selain itu Indonesia pun mendapat tambahan kuota khusus dari Raja Salman Bin Abdulazis Al Saud sebesar 10.000.

“Alhamdulillah kuota haji Jabar tahun ini normal kembali bahkan bertambah,” kata Aher.

Hal ini berpengaruh pada daftar tunggu keberangkatan haji menjadi lebih cepat. “Ini tentu mempengaruhi daftar tunggu menjadi lebih cepat karena jatahnya nambah dari daftar tunggu,” ujarnya.

Dengan begitu maka total keseluruhan kuota haji untuk Indonesia menjadi sebanyak 220 ribu. Untuk Jabar sendiri yang kebagian jatah kuota 38.626 akan didistribusikan merata ke 27 kabupaten dan kota. Terkecuali untuk Kota Cimahi dan Kota Banjar mendapat jatah 20% dari jumlah tersebut.

“20 persennya kita berikan untuk Kota Cimahi dan Banjar,” ucap Aher.

Kendati begitu, menurut Aher, penambahan kuota haji tersebut dirasa masih kurang karena warga Jabar yang mendaftar haji tiap tahunnya terus meningkat. Saat ini saja ada 400.000 warga Jabar yang sudah mendaftar haji dan menunggu.

“Masih kurang, karena yang daftar tunggu masih 13 kali lipat yaitu sekitar 400 ribu,” ungkapnya.Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco