Diniyah Syarat Anak Melanjutkan Sekolah Ke SMP   

oleh

Cugenang | Harian Waktu – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, pertegas perda tentang Diniah yang tertuang dalam   Perda N0 3 Tahun 2014, tentang Diniyah Takmiliyah dan Pendidikan Al-Qur’an. Hal ini, agar tidak disalahgunakan serta tidak mengerti pelaku pendidikan khususnya Diniyah di Cianjur.

 “Kami ingin keberlanjutan program yang memang sudah ada, diantaranya Diniyah yang dijadikan salahsatu kriteria persyaratan wajib bagi anak yang mau melanjutkan ke jengjang lebih tinggi yaitu SMP. Memang ini programnya sudah ada, sebagai wujud program keagamaan,” ujar Kadis P dan K, Cecep Sobandi, saat menggelar rapat bulanaan Kepala UPTD Se-Kabupaten Cianjur, di AulaGedung UPTD Cugenang, kemarin.

Kata Cecep, bagi siswa sekolah dasar, wajib memiliki ijazah Diniyah bila ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pendidikan sekolah menengah pertama.

Pendidikan Diniyah adalah pendidikan agama Islam yang diharapkan mampu secara terus menerus memberikan pendidikan dan pembinaan keagamaan kepada anak didik yang tidak terpenuhi pada jalur formal. Untuk itu setelah keberadaan Perda N0 3 Tahun 2014, tentang Diniyah Takmiliyah dan Pendidikan Al-Qur’an adalah sebuah keharusan. Hal ini guna menyukseskan program keagamaan sebagai wujud dari Gerakan 7 Program Keagamaan yang dicanangkan Bupati Cianjur.

“Tentunya harus ada tindak lanjut daripada program tersebut, kenapa kami sampaikan dalam rapat, karena para Kepala UPTD juga harus bisa mendukung terselenggaranya program pendidikan keagamaan tersebut, dan memberlakukan kembali program Diniyah dan SD satu atap, apabila memang memungkinkan,” imbuhnya.

 Selain itu, dia mengatakan, sebagai wujud pengentasan 7 Program Keagamaan, pihaknya  harus berkontribusi banyak dengan menggerakan wajib berijzah Diniyah.

”Kepada anak yang bersekolah Diniyah di sekolah formalnya harus mendapat nilai plus, karana saya yakin dengan mengikuti pendidikan tersebut, akan mendapat pendidikan keagamaan yang bagus,” kata dia.

 Dia mengatakan, kepada seluruh masyarakat, terutama kepada orang tua wali murid, harus ikut serta dan mendukung terselenggaranya kegiatan belajar mengajar Diniyah di masing-masing kampung dengan memberikan dukungan penuh supaya anaknya mengikuti pendidikan keagamaan ini. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco