Kolaborasi Cara Mengajar Dan Bermain Bagi Anak Usia Dini

oleh

Mande | Harian Waktu – UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Mande kolaborasikan cara pengajaran Paud  dengan nuansa keagamaan, tahun ini.

Kepala UPTDKecamatan Mande Dading Zainal Ibrahim, mengatakan, dengan semakin maraknya program keagamaan di Kabupaten Cianjur, pihaknya sudah merealisasikan program berjamaah, di tingkatan SD dan guru, tapi, pihaknya  menargetkan akanmengkomparasi antara metode tematik dengan program keagamaan di Paud.

“Pendidikan usia dini sebagai modal utama untuk penguatan akidah dan nilai-nilai keagamaan, untuk itu perlu adanya penyampaian khusus dengan cara bermain, dan mengelaborasikan dengan nilai ketauhidan,” ujar dia.

Salah satu upaya penerapan nilai keagamaan, diantaranya kami memberikan Al-quran, ke anak-anak Paud dalam acara Cianjur Ngawangun Lembur, kemarin.

“Kenapa kami memberikan Al-quran, karena semata sebagai tindak lanjut dari pada program penerapan nilai keagamaan kedepan, yaitu anak-anak Paud minimal bisa menghafal surat-surat pendek,” kata dia,

Selain itu, dia mengatakan untuk para pengajarpun diharapkan agar bisa membimbing dan mengarahkan anak kepada pembiasaan moral keagamaan yang baik.

“Ya anak itu harus dibiasakan untuk melakukan ahlak dan tatakrama yang baik seperti, sebelum makan harus membaca doa, terus praktik-praktik sholat dan cara berdoa atau yang lain,” kata dia

Tita Resmalwati, salahseorang pengajar di Paud Al-fatah, Kampung Cibodas, Desa Kutawaringin Kecamatan Mande, mengatakan, program di Paudkan sudah tematik, bahkan pihaknya gayung bersambut untuk mendukung apa yang diharapkan oleh Kepala UPTDMande.

“Dalam sehari anak-anak belajar, itu sesuai dengan juklak yang ada, yaitu ada yang tema olahraga, tema seni, tapi selalu di terapkan nilai keagamaannya,” kata dia. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco