Pelayanan Harus Prima Dua Puskemas Mendapat Akreditasi

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Peningkatan mutu pelayanan dan prima kepada masyakat yang dilakukan dua Puskesmas mendapat apresiasi. Kedua Puskemas tersebut langsung mendapat akreditasi dari Kementrian Kesehatan RI. Status Terakreditasi sangat diperlukan setiap Puskesmas, agar mutu pelayanan kepada masyarakat bisa ditingkatkan.

Lolosnya dua Puskesmas Kabupaten Cianjur tersebut dinyatakan melaui surat dari Kemenkes RI yang ditujukan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat bernomor TU.01.03/VI.14/286/2017 perihal Pemberitahuan Status Akreditasi Puskesmas dan ditanda tangani oleh Ketua Eksekutif nya yaitu Tini Suryanti Suhandi serta Sekretaris Eksekutif Komisi Akreditasi FKTP KM Taufiq.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar menerangkan, sebelumnya, Puskesmas Sukaluyu dan Puskesmas Karangtengah didaftarkan oleh Dinkes Kabupaten ke Dinkes Provinsi untuk diajukan Kemenkes RI. Lalu diverifikasi tim independen dari Komisi Akreditasi FKTP pada tanggal 15 sampai 17 Desember 2016 lalu. ”Dua Puskemas itu hanya sebagian kecil saja yang baru lolos. Dinkes Cianjur mendaftarkan dan mengajukan semua 45 Puskesmas yang ada,” ungkapnya.

Akreditasi sendiri, lanjutnya, diawali dengan adanya program BPJS dari pemerintah pusat yang membutuhkan Puskesmas yang layak dalam melayani kesehatan dimasyarakat. Setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan dan bimbingan teknis ke pihak Dinkes Kabupaten dan Kota oleh Kemenkes RI yang bertempat di BLK Bandung selama 10 hari yang difasilitasi oleh Dinkes Provinsi.

“Akreditasi itu berarti wajib adanya peningkatan mutu pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat, saya berharap banyak kepada Puskesmas Sukaluyu dan Puskesmas Karangtengah sebagai yang paling awal berstatus terakreditasi, agar menjadi contoh bagi Puskesmas lain yang akan menyusul, ” ujarnya penuh harap.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukaluyu, Yudiansyah menyatakan rasa bersyukur atas lolosnya Puskesmas yang dipimpinnya mendapatkan predikat terakreditasi. Dirinya beserta seluruh jajaran karyawan Puskesmas Sukaluyu akan mengingat petunjuk Pak Kadis soal peningkatan mutu pelayan Kesehatan terhadap masyarakat. “Insya Allah, peningkatan pelayanan tersebut akan terjadi, walau teknisnya tentu secara bertahap,” katanya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco