Tanggul Jebol, Tiga Kampung Tergenang

oleh

Intensitas Hujan Tinggi

CUGENANG │ Harian Waktu – Hujan lebat dengan intensitas tinggi di kawasan Puncak, Cianjur, dan sekitarnya membuat wilayah di bawahnya terkena dampak banjir akibat luapan sungai Cianjur, kemarin. Sedikitnya tiga kampung terendam, yakni Kampung Galudra RT 05/02, Kampung Poponcol RT 04/01, dan Kampung Poponcol RT 03/01, Desa Galudra.

“Memang kawasan Cugenang diguyur hujan, namun sebentar dan sedikit. Tapi air sungai Cianjur meluap akibat kawasan Puncak, Cianjur juga diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi,” ujar Kapolsek Cugenang Kompol Iwan Kusmawan, kepada Harian Waktu, kemarin.

Selain sungai meluap, lanjut Iwan, juga jebolnya sebuah tanggul penahan air yang berada dipinggiran sungai yang berbatasan dengan rumah warga. Akibat dari kejadian ini, air menggenangi rumah warga setinggi 15 cm, dan merendam pesawahan sebanyak 1 hektar.

“Diperkirakan akibat dari kejadian ini, kerugian diperkirakan sebesar lima puluh juta rupiah, akibat sawah juga rusak terendam banjir,” ujarnya.

Saat ini, petugas dan warga bergotong royong membuat tanggul buatan dari karung guna mengurangi masuknya air ke pemukiman warga. “Warga terus bergotong royong memperbaiki tanggul dengan menggunakan karung berisi tanah untuk menahan air. Mengingat hujan hingga sore ini masih terjadi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman mengatakan, saat ini bencana alam sedang terjadi dimana-mana. Tak hanya di dua lokasi, yakni Cugenang dan Cilaku, namun di beberapa wilayah di Cianjur.

“Sebetulnya kita memang sudah siaga 1 dari kemarin. Karena memang cuaca saat ini sedang tidak bersahabat. Saat ini BPBD masih kekurangan personil,” terangnya saat dihubungi.

Dia mengaku telah membereskan beberapa bencana di berbagai tempat dengan menurunkan seluruh personil yang ada. Sehingga, BPBD diamanatkan untuk siaga selama 24 jam.

“Kita sudah siagakan selama 24 jam setiap hari, jadi ketika ada laporan semuanya bergerak,” tandasnya. Syamsuri/Putra Lugina Sukma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco