Diduga Telah Lakukan “Dosa” Politik DPP Pecat Hedi Sebagai Ketua Demokrat

oleh

PACET │ Harian Waktu – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, memecat Pelaksana Tugas (Plt) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, Hedi Permadi Boy dan Sekertaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, Gatot Subroto. Pemecatan tersebut dilakukan setelah Hedi diduga telah melakukan ‘dosa’ politiknya dengan sewenang-wenang sebagai Ketua Plt.

Pemecatan yang dilakukan setelah turun Surat Keputusan (SK) no 19/ SK/ DPP/ DPD/ DPC/ III/ 2017 yang berisikan pemecatan keduanya sebagai pimpinan DPC dan Sekertaris Partai Demokrat Kabupaten Cianjur.

Alasan dipecatnya Ketua Plt dan Sekertaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur tersebut, atas dasar rekomendasi dari Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat yang menerima laporan resmi dari pengurus DPC yang komplain atas kepemimpinan Hedi dan Gatot.

Selain itu, Plt juga memiliki “dosa” politik, karena melakukan kesewenang-wenangan dengan mengancam kepada anggota Fraksi Partai Demokrat dan Ketua DPRD Kabupaten Cianjur akan diganti apabila tidak mematuhi perintahnya. Hal tersebut berkaitan dengan proses perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang mengakibatkan Demokrat sebagai fraksi dengan kursi terbanyak kehilangan posisi strategis baik unsur pimpinan ataupun AKD.

Bahkan, Ketua DPC tidak mengindahkan instruksi DPP yang ditandatangani langsung Ketua Umum Partai Demokrat, Soesilo Bambang Yudhoyono, dengan melaksanakan Musyawarah Anak Cabang (Musancab) yang terakhir dilaksanakan di GOR Desa Cibeber. Padahal, dalam surat tersebut jelas tertera pada poin 4 dilarang melakukan langkah politik ataupun manuver penggantian pengurus DPD, DPRD Kabupaten/ Kota, DPC ataupun PAC.

Setelah membacakan SK dari DPP Partai Demokrat, Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Sarifudin Hasan yang hadir dalam acara tersebut, langsung melantik Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur Wawan Setiawan, dan Yadi Mulyadi sebagai Plt Sekertaris DCP Partai Demokrat Kabupaten Cianjur.

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Cianjur dari praksi Partai Demokrat, jajaran pengurus DPC dan Pimpinan Anak Cabang (PAC).

Wakil Ketua UMUM DPP Partai Demokrat, Sarifuddin  Hasan mengatakan, keputusan dari DPP partai Demokrat harus diikuti oleh seluruh kader di DPD dan diteruskan kepada seluruh pengurus DPC se Jawa Barat. Pihaknya berharap, kerja keras dari seluruh kader Partai Demokrat agar memenangkan Pemilu 2019 yang akan datang.

“Pokoknya perolehan kursi beserta jabatannya di legislatif dalam setiap tingkatan harus mampu dipertahankan,” ujarnya.

Pihaknya berpesan, agar seluruh kader Partai Demokrat Kabupaten Cianjur tetap bersatu dan bersama-sama dalam mengembalikan marwah partai pada posisi yang tertinggi. “Sepanjang kebijakan Bupati Cianjur yang mantan kader Demokrat itu sesuai dengan kemaslahatan masyarakat, maka wajib untuk didukung dan dipeluk oleh kita,” ujarnya.

Namun, kata dia, jika Bupati Cianjur melakukan yang dianggap tidak sesuai dengan platporm Partai Demokrat, maka wajib pula untuk diingatkan. “Yang jelas DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur adalah partner dari pemerintah,” pungkasnya.

Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur Wawan Setiawan, berharap agar jabatan berstatus Plt  yang di embannya tersebut adalah yang terakhir. Wawan menegaskan dirinya akan fokus pada Musda yang akan datang hingga ada pejabat Ketua yang depinitif.

“Sudah empat kali kita dipimpin oleh Plt dan cuma sekali saja dipimpin oleh Ketua depinitif yaitu pada masa Kang Heri Sukirman,” tutur Wawan.

Sementara, mantan Sekertaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur Gatot Subroto, mengaku, dirinya merasa terjebak oleh pihak Hedi dan Oknum dari DPD Partai Demokrat Jawa Baratterkait Musancan II yang diselenggarakan di Cibeber beberapa waktu lalu. “Saya sudah katakan sebelumnya, bahwa semua prakarsa Musancab kemarin adalah tanggung jawab DPD,” ujarnya.

Namun, Gatot mengaku legowo yang posisinya digantikan Yadi Mulyadi. Pihaknya berpesan, kita sama – sama dukung Plt ketua DPC dan Sekretaris yang baru agar Partai Demokrat mampu memenangkan lagi Pemilu 2019 yang akan datang.

Pemecatan terhadap Hedi Permadi dari jabatan mendapatkan tanggapan beragam dari beberapa kader. Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, Jevernando menyatakan dirinya berharap agar kekompakan dijajaran DPC dibawah pimpinan yang baru tetap terjaga demi masa depan Partai Demokrat yang gemilang. “Lupakan masa lalu, mari kita tatap masa depan yang lebih gemilang,” ungkapnya.

Ketua PAC Pacet Dadan Iskandar mengaku, penggantian tersebut adalah langkah terbaik untuk kemajuan Partai Demokrat di Kabupaten Cianjur. “Yang lain – lainnya saya tidak bisa berkomentar banyak,” ungkapnya singkat. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco