Bisnis Online Harus Di Kelola Profesional Agar Menguntungkan

oleh

CIANJUR │ Harian Waktu  – Mengurus bisnis jual beli online ternyata tidak akan menguntungkan bila tidak dikelola dengan menejemen yang baik dan profesional. Terkadang banyak pebisnis yang mengelola usaha mereka sebatas kemampuannya saja dan mereka jarang melakukan pengelolaan bisnis secara professional.

Padahal jika suatu bisnis dikelola secara profesional, maka hal tersebut akan menaikkan omset perusahaan dan sebaliknya, pengelolaan bisnis asal-asalan bisa membuat kegagalan dalam berbisnis.

Itulah yang kini dijalani admin dari OLX ‘Cianjur’ Hendra Jaya A Soni Setiawan, group jual beli via Facebook yang dikelola dengan dua temannya Opik ID dan Arif Ariesta hanya mampu menyediakan layanan jual beli saja. “Sebelumnya kami memang tidak pernah terpikirkan untuk melayani iklan sebagai penghasilan tambahan kami,” katanya.

Hendra mengutarakan satu setengah tahun lalu memang pernah mendapatkan kontrak selama satu tahun untuk mengiklankan salah satu calon dalam ajang Pilkada Cianjur dengan nilai kontrak Rp. 450. 000. “Itulah pengalaman kami mendapatkan penghasilan tambahan dari group jual beli yang kami urus,” tambahnya.

Jadi admin itu lanjutnya, kerja 24 jam penuh. Makanya kami saling bergantian memantau laju transaksi di Group Facebook OLX ‘Cianjur’. Tentu didalam group ini juga Hendra dan dua sejawatnya ikut berbisnis jual beli.

Hendra juga menjelaskan bahwa di OLX ‘Cianjur’ jual belinya bebas, tidak terpaku pada salah satu jenis barang saja. Walaupun mayoritasnya transaksi jual beli HP, ada juga yang menawarkan motor, mobil, rumah plus tanah ataupun yang lain yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

“Kita akan langsung melaporkan ke pihak yang berwajib bila group jual beli OLX ‘Cianjur’ yang kami kelola dipakai untuk transaksi minuman keras dan narkoba,” tambahnya.

Sedangkan Arif menegaskan soal kualitas dan harga barang yang perjuangan belikan diserahkan seluruhnya kepada anggota group, ketiga sekawan admin OLX ‘Cianjur’ tidak akan turut campur dan tidak akan bertanggung jawab. Resiko tertipu itu ada, bahkan kerap terjadi keluhan dari anggota group yang mengalaminya. ” Untuk urusan yang satu itu kami sudah mewanti-wanti agar jeli dalam membeli,” tutur Arif menambahkan.

Sementara Opix ID juga menerangkan soal kejahatan yang bermodus jual beli online. Opix berpesan agar seluruh anggota group OLX ‘Cianjur’ berhati – hati, diusahakan membeli dari akun asli dan transaksi dilakukan di rumah baik si penjual ataupun si pembeli. “Hal ini untuk menjaga adanya keluhan apabila ada kekurangan pada kualitas barang yang diperjualbelikan,” ucapnya.

Ketiga sekawan itu sepakat akan mengelola layanan jual beli online secara profesional agar jelas keuntungan yang didapatkan dan mampu dipertanggung jawabkan. Ruslan Ependi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco