Keuntungan Ikut Organisasi

0 782
Link Banner

 

CIANJUR │ Harian Waktu – Banyak hal yang bisa kita lakukan di sekllah atau kampus selain belajar, seperti ikut ekstrakurikuler ataupun bergabung di Organisasi Intra Sekolah atau yang kita kenal sebagai Osis. tapi justru banyak dari kita yang lebih memilih fokus belajar aja. Faktanya, ikut organisasi punya banyak keuntungan buat kamu loh.

Tim Retro Phonic udah menyusun beberapa keuntungan kalau kamu ikut dalam organisasi baik di sekolah ataupun di luar sekolah biar kamu gak ragu lagi buat gabung. Berikut ulasannya:

Asah kemampuan berkomunikasi

Dengan ikut dan aktif di organisasi, kemampuan komunikasi bakal terasah. Kita dituntut untuk bisa kerjasama dengan anggota lain yang punya latar belakang dan sifat beragam. Selain itu, kita juga belajar mengutarakan dan mendengar pendapat satu sama lain dengan manner yang baik. Ini nggak hanya berlaku ke sesama anggota organisasi. Sebab, kamu juga bakal bertemu dengan masyarakat umum atau pihak penting lainnya. Dari komunikasi yang baik, bisa menambah rasa PeDe kamu saat berbicara di depan umum tuh.

“Mengasah kemampuan interpersonal itu tergantung gimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Contohnya aja, kebanyakan kegiatan dari organisasi adalah  project sosial. Di kegiatan tersebut kita harus bertemu langsung dengan masyarakat. Bahkanharus sampai ketemu direktur perusahaann untuk bikin kerjasama. Dari situ kita bisa belajar banyak how to improve our communication skills,”.

Melatih tanggung jawab

Dalam organisasi, setiap anggota akan ditempatkan dalam divisi berbeda yang memerlukan tanggung jawab tinggi. Dari semua jobdesc dan kewajiban lainnya, kamu wajib jalanin dengan benar agar kegiatan organisasimu juga berjalan baik. Nggak ada lagi tuh sikap egois atau bertindak semaunya. Ketika kamu bisa bertanggung jawab sama urusan organisasi dan kegiatan belajar, dijamin deh kepuasan diri bakal kamu rasain.

Memperluas networking

Dari kerjasama dan proyek yang kamu kerjakan bareng tim, tentu kamu banyak mengenal orang baru. Otomatis, networking kamu makin luas. Efeknya, wawasan dan pemikiran pun lebih terbuka. More than that, luasnya pertemanan bisa membantu kamu menjalin kerjasama bareng pihak lain atau untuk kebutuhan lainnya.

Manfaat ini tentu bisa kamu dapatkan di organisasi apapun. Tapi, Kita juga punya tips khusus memilih organisasi yang oke nih. Kamu bisa ikut organisasi yang ngasih kesempatan buat memperluas network seluas-luasnya. Terutama yang kepengurusannya itu berjenjang. Jadi kamu bisa ngerasain kerjaan yang sifatnya practical sampe strategical. Supaya skill untuk kerja di segala bidang kita juga terasah. Syamsuri

Category: Retro PhonicTags:
example banner
No Response

Leave a reply "Keuntungan Ikut Organisasi"

[+] kaskus emoticons