Pengurus FK PKBM Dikukuhkan Kadisdikbud, Pemerataan Pendidikan Harus Diutamakan

oleh

 

CIPANAS │ Harian Waktu  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi mengukuhkan Pengurus Fo­rum Komuni­kasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK- PKBM) Kabupaten Cianjur periode 2017-2022, dipimpin Iwan Rustandi selaku Ketua Um­um. Penguku­han tersebut berlangsung di Hotel Gren Talita Cipanas Sabtu (2/12).

Kadisdikbud, Cecep Sobandi  mengata­kan, kehadiran PKBM di tengah ma­sya­ra­kat sangat diharapkan. Hal itu sejalan de­ngan konsep Bupati Cianjur Irvan Rivano Muhctar, semua anak harus sekolah dan tidak bo­leh ada anak usia sekolah tidak berse­ko­lah.

“Selain itu, masyarakat harus memiliki keterampilan. Ini adalah target pemerintah, sehingga tugas PKBM yang paling berpe­ran dalam penanganan anak putus seko­lah,” ujar­nya.

Cecep menerangkan,  putus seko­lah akan menimbulkan kemiskinan dan kesenjangan pendidikan yang menjadi tangga ekonomi nyata di masyarakat. Karena itu, apapun ceritanya pemerataan pendidikan harus diutamakan. “Pemerintah juga mengharapkan kedepan adanya satu desa yang memiliki satu PKBM, sehingga ter­wujud pemerataan pendidikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Paudni, Mochamad Rochman didampingi Kasi Dikmas, Muksin Said mengatakan, jumlah PKBM yang ada di Kab Cianjur sebanyak 104 PKBM. Tahun ini, tutur dia, PKBM akan diakreditasi dengan tujuan agar berkualitas dan tertib adminitrasi. “Kita targetkan pencapaian  lama sekolah bisa tercapai, sehingga angka pendidikan di Cianjur akan semakin naik dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Ketua Umum FK-PKBM Kab Cianjur, Iwan Rustandi mengungkapkan, FK-PK­BM merupakan lem­baga yang mewa­da­hi para penge­lola (PKBM) sebagai penyeleng­ga­ra pen­didikan non formal di wilayah Cianjur.

“FK-PKBM merupakan lembaga yang dilahirkan dari pemikiran sesama penge­lola PKBM.  Berperan menampung dan me­nya­lurkan aspirasi dari pengelola PKBM untuk kemajuan PKBM itu sendiri,” tutur­nya.

Dia berharap, agar persatuan dan kesatuan di tubuh FK-PKBM terbina dan sa­ling menjalin kerja sama yang baik . “Diharapkan pula FK-PKBM dapat berkon­sen­trasi mengikat sesa­ma komuni­tas ma­syarakat juga mening­katkan kualitas dan kuantitas PKBM di wilayah masing-ma­sing,” imbuhnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco