Saber Pungli Sambangi Gedung Pramuka, Pengurus Ketakutan

oleh

KARANGTENGAH │ Harian Waktu  – Sejumlah penggiat Pramuka akhir-akhir ini mangaku resah. Pasalnya sumbangan yang dipungut untuk kegiatan Pramuka masuk dalam katagori tindakan pungutan liar (Pungli). Sehingga para pengurus pramuka khawatir mereka ditangkap Tim Saber Pungli.

Untuk itu Kwarcab Pramuka Cianjur mengundang Tim Saber Pungli untuk melakukan sosialisai dihadapan 150 kader pengurus. Dengan adanya sosilaisasi tersebut diharapkan kader pengurus Pramuka dapat mengetahui tentang pungutuan atau iuran yang masuk katagori pungli atau yang dibolehkan.

Menurut Irwan Maulana, sosialisasi oleh Tim Saber Pungli sebagai jawaban dari keresahan para penggiat Pramuka dari mulai Kwarcab sampai Kwartir Ranting, Gugus Depan ataupun Satuan Karya soal sumbangan Pramuka yang masuk dalam kategori tindakan Pungli.

Irwan menjelaskan tujuan pihak Kwarcab mengundang Tim Saber Pungli adalah untuk meminta penjelasan​, soal tugas Tim Saber Pungli dan apa saja tindakan yang termasuk dalam kategori Pungli itu.”Lebih dari itu, kita ingin tahu juga kenapa iuran Pramuka masuk di no 27 sebagai daftar tindakan Pungli,” katanya.

Padahal soal pungutan Pramuka lanjutnya, itu sudah dilindungi oleh Undang-undang No 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Terutama pasal 10 pasal 43 hurup A diangka satu yang menyebutkan salah satu pendapatan Pramuka adalah dari iuran anggota Pramuka yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, menerangkan bahwa kehadiran tim Saber Pungli sebagai ajang Tolabul Ilmi atau pencarian ilmu. “Minimal kita tahu mana saja yang dilarang dan mana yang boleh kita lakukan dalam menerima sebuah sumbangan,” ujarnya.

Ketua Kwarcab pun mengingatkan agar seluruh jajaran pengurus agar berhati-hati dan mawas diri terkait segala persoalan pembiayaan dalam setiap kegiatan.

Sementara dari Saber Pungli bidang pencegahan, Bambang, mengatakan bahwa selama pungutan yang dilakukan oleh Kwarcab Cianjur ada payung hukum yang melindunginya, maka hal itu boleh dilakukan.

Selanjutnya, Bambang juga menerangkan daftar iuran yang termasuk dalam kategori Pungli disusun oleh tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco