Siswa Harus Cinta Lingkungan

oleh

 

CILAKU │ Harian Waktu Musim hujan yang terus menerus serta bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi dimana-mana di wilayah Cianjur, membuat sejumlah sekolah dan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Cianjur bekerjasama mencegah atau mengendalikan bahaya tanah longsor dan banjir. Seperti yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri Peuteuy Condong 1 Cibeber, kemarin. Mereka guna mencegah bahaya tanah longsor dan banjir dengan menerapkan biopori, menanam pohon, serta tidak membuang sampah sembarangan.

Kepala Sekolah SD Negri Peuteuy Condong 1, Rahmat Edya Mulyadi mengatakan, dalam peningkatan kesadaran masyarakat dalam pengendalian lingkungan hidup, pihaknya menerapkan program pencegahan di lingkungan sekolah. Selain itu juga sebagai pembelajaran kepada anak didiknya tentang lingkungan.

“Untuk melaksanakan kegiatan ini, kami kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Cianjur. Kami pun meminta bantuan berupa pengadaan bibit pohon, tempat sampah, bio kompos, dan biopori, sebagai saranan penyuluhan terhadap anak dari sejak kecil, tentang peduli terhadap lingkungan,”kata dia.

Dia menuturkan, dalam proses pendidikan terhadap anak tentunya, tidak melulu diberikan dalam proses belajar mengajar, melainkan ditambah dengan membiasakan perilaku hidup baik, dan peduli lingkungan.

“Anak-anak diarahkan untuk mencintai lingkungan, menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, dan diajarkan membuat bio kompos, supaya anak bisa memilah sampah organic dan an-organic,” ujarnya.

Pembiasaan siswa ini tentu harus juga dilakukan penerapan di rumah. Pihaknya mendorong supaya para orang tua pun faham akan kesadaran menjaga lingkungannya. “Alhamdulilah, orangtua mereka tertarik dengan apa yang dilakukan oleh sekolah, dan insya Alloh kami arahkan kepada orangtua agar di rumahnya juga membudayakan ramah terhadap lingkungan,” pungkasnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco