Ini 7 Efek Begadang pada Tubuh dan Kesehatanmu

oleh
Little boy's in bed, but just can't get to sleep

 CIANJUR │Harian Waktu – Yang namanya begadang itu rasanya udah jadi guilty pleasure yang nggak bisa lepas dari anak zaman sekarang. Entah karena harus nugas, belajar buat ujian, atau malah marathon drama korea atau nonton bola, bangun dan menikmati malam itu emang punya kenikmatan tersendiri. Ya kan? Tapi tahu nggak sih, dibalik enaknya me-time malam-malam begitu, ternyata tubuhmu justru mengalami proses yang umm…. kurang baik tuh buat kesehatan. Efeknya, kamu bisa jadi mengalami hal-hal berikut ini.

Little boy’s in bed, but just can’t get to sleep

Sulit Mengingat

Cara belajar ‘sistem kebut semalam’ kayaknya masih sering dilakukan sama pelajar zaman sekarang deh. Berbulan-bulan sekolah dan kuliah, buka buku pun enggak. Giliran besoknya ujian, baru deh belajar dari pagi sampai pagi lagi. Meski kelihatannya cukup, sebenarnya cara ini samasekali nggak bagus. Soalnya, malam adalah waktu alami otak melakukan penyortiran memori jangka panjang. Hal ini sekaligus memutus sambungan ke hal-hal nggak penting yang sifatnya sementara. Bisa ditebak, kalau waktu-waktu ini kamu pakai buat belajar, kemungkinan besar kamu malah bakal nge-blank waktu ujian karena otakmu nggak merekam informasi yang kamu pelajari malamnya. Hadeuh!

 Hangover alias Agak ‘Mabuk’

Kalau kamu begadang dan nggak mengistirahatkan tubuhmu samasekali selama 24 jam, kemungkinan besar kamu bakal ngerasa pusing, bingung, dan nggak fokus setelahnya. Wajar, soalnya penelitian mengungkapkan kalau begadang punya efek yang mirip dengan keracunan alkohol ringan. Jadinya, nggak heran kalau kamu ngerasa sedikit ‘mabuk’ setelah nggak tidur seharian.

 Kamu Bakal Moody

Ternyata, tubuh yang bekerja lebih lama dari seharusnya itu menyebabkan goyahnya pusat emosi yang diatur sama otak. Hal ini bikin kamu bakal lebih moody ketika sedang begadang! Nah, jadi kalau pacar kamu suka marah-marah gara-gara nggak bisa tidur malamnya, mohon bersabar ya. Ini ujian. #krik #oke

 Jam Alami Tubuh jadi Bingung

Sebenarnya tubuh itu punya jam dan alarm alami yang disebut circadian rythm. Ini yang bikin kamu yang terbiasa bangun pagi bisa bangun sendiri tanpa alarm sekalipun. Nah, kalau kamu tiba-tiba harus begadang, efeknya badanmu jadi bingung. Hal ini bakal membuat tubuhmu terjebak di ambang ‘terjaga’ dan ‘nggak terjaga’ alias bangun, tapi tapi pikiran seolah-olah lagi mimpi dan nggak fokus.

Jadi Pengambil Keputusan yang Buruk

Kamu mau mengambil keputusan penting? Jelas tengah malam bukan waktu yang tepat. Pernah nggak sih kamu mendapatkan ide-ide aneh waktu ngelamun di malam hari? Misal tiba-tiba niat marathon drama Korea dan bukannya tidur, atau malah kepikiran ngechat mantan. Pernah? Nah, ternyata hal itu disebabkan otak kita yang lelah mengeluarkan hormon dopamin berlebih yang memicu ide-ide gila!

Begadang Nggak Bikin Kurus!

Kamu kurus, dan kebetulan hobi begadang? Kalau gitu, jujur aja kamu pasti pernah dicibir kayak “Pantes kurus, suka begadang sih..”. But, no! Begadang itu ternyata samasekali nggak mempengaruhi bobot seseorang. Malahan, begadang justru cenderung membuat gemuk. Gara-garanya, mood saat begadang memicu seseorang untuk ngemil atau banyak makan.

Jadi Lebih Kreatif

Satu-satunya hal yang ‘agak’ positif dan paling sering jadi alasan orang begadang adalah kreatifitas yang meningkat tiba-tiba. Coba perhatikan, orang-orang yang mendalami bidang seni dan industri kreatif pasti cendeerung sering begadang. Misalnya waktu lagi mencari inspirasi lagu, menyelesaikan lukisan, atau ide-ide desain. Yap, ternyata keluarnya hormon dopamin yang bikin kita mikir aneh-aneh itu punya efek lain bikin kita jadi kreatif dalam sekejap. Whoaa! Syamsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco