Kebiasaan Begadang Boleh Saja, Kalau Ada Perlunya…..

oleh

CIANJUR │Harian Waktu – Gadang, kalau kata Bang Haji Rhoma Irama, Kita gak boleh begadang kalau tiada artinya ya. Terus ngapain kita gadang? Sebenarnya, Bergadang merupakan aktifitas tubuh untuk tetap terjaga semalaman. Mungkin banyak alasan, mengapa kebanyakan orang yang suka melakukan kegiatan pada malam hari. Hal ini tentunya pernah dialami oleh kalian, kan? Apalagi kalau disibukan dengan tugas yang menummpuk dan bertubi-tubi, begadang adalah pihannya.

Mengurangi jadwal tidur saat malam dan tidak bisa membayarnya pada siang hari itu sangat berbahaya untuk tubuh loh. Ini bisa menyebabkan berbagai penyakit yang sangat mengerikan, diantaranya stroke, sakit kepala, diabetes dan masih banyak lainnya.

Tapi, selain karena hal yang disebutkan diatas. Sebenarnya ada juga loh yang gak mau bergadang tapi dia kepaksa begadang. Loh, Kok? Yup pernah dengar Insomnia?  Insomnia adalah gejala kelainan pada tidur berupa kesulitan tidur berulang dan sangat melelahkan  gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia bukanlah  suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

Jika kamu mengalami insomnia ini mengakibatkan penderitanya mengalami ketergantungan pada obat tidur dan zat penenang untuk bisa beristirahat loh. Insomnia atau sulit tidur ini sering terjadi, baik itu anak muda orang tua maupun anak-anak hal ini seringkali diikuti dengan timbulnya rasa kegelisahan, kecemasan, depresi atau ketakutan.

Well, apapun penyebabnya, satu hal yang kita tahu secara pasti adalah, begadang atau tidak tidur semalaman tentunya memiliki efek buruk terhadap kesehatan kita. Nah, untuk menghindari kamu dari kebiasaan begadang, tim Retro Phonic punya solusi menghilangkan kebiasaan begadang.

1.  Buatlah Jadwal Malam


Ini bukan berarti kalian harus membuat jadwal yang formal, kalian hanya perlu membuat jadwal sederhana yang mudah diingat, karena percuma jika hanya membuat kemudian dibiarkan begitu saja. Buat jadwalnya sesederhana mungkin, buat seperti kita membagi jam sekian sampai jam sekian kita online kemudian ini dan kemudian  itu. Pastinya ini akan ampuh sekali untuk menghilangkan kebiasaan begadang. Sesekali kamu juga menjadwalkan hari apa untuk begadang, misalnya hari jum’at atau minggu ketika kita libur dan lainnya, yang terpenting kita tidak lupa waktu.

2. Kurangi Pembelian Kuota Internet

Jika kamu membacanya mungkin dalam pikiran kalian bertanya-tanya.
“Apa kaitannya mbah kuota dengan begadang?”
Kaitannya sangat erat sekali. Kebanyakan orang membeli kuota internet malam. Apalagi sekarang paket internet malam yang menggila, bagi orang yang suka begadang hal itu bisa dijadikan teman ketika kita sedang begadang. Biasanya mendownload film atau hanya sekedar chatting dengan teman-teman kita yang lama tidak jumpa. Hal ini mungkin memang sangat menyenangkan, namun apalah arti menyenangkan jika kita setelah itu jatuh sakit. Tentunya ini akan membuat penyesalan sendiri bagi sebagian orang. Jadi ada baiknya kalian mengurangi pembelian kuota internet.

3. Kerjakan Pekerjaan Rumah Lebih Awal

Kita pasti pernah mempunyai banyak tugas dalam semalam. Hal itu bisa kalian kurangi dengan mengerjakan lebih awal pekerjaan rumah kalian. Jangan terlalu larut malam karena tidak mungkin tugas sebanyak itu bisa selesai dalam sekejap, tentunya butuh proses yang agak lumayan lama. Jadi ada baiknya kalian mengerjakan pekerjaan rumah lebih awal dibandingkan hari sebelumnya. Kita juga bisa mencicil pekerjaan rumah kita di siang bolong ketika tidak ada aktivitas, manfaatkan waktu  luang itu sebagai penyicilan tugas kita.

4. Kurangi Online Di Internet

Internet merupakan alat paling mujarab untuk menemani malam hening kita disaat begadang, dengan internet kita bisa mencari apa saja yang bisa membuat kita senang. Hal ini akan berdampak begadang bagi kalian, karena siapa sih orang yang akan melepaskan kesenangannya? Pasti jarang sekali di temukan, hanya orang-orang tertentu yang bisa melakukan hal itu. Jadi kalau kita sudah bermain internet yang mudah ini maka kita juga tidak aka mudah melepasnya. Jadi silakan kalian mengurangi kebiasaan yang satu ini.

Itu dia beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan begadang kamu. Yang terpenting tetap jaga pola tidur dan juga kesehatan ya. Syamsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco