Kabupaten Bandung Tunggu Kepastian Kuota Haji

oleh

BANDUNG │Harian Waktu – Penambahan kuota Haji di Kabupaten Bandung masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Hal itu dikatakan Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kementrian Agama Kabupaten Bandung Asep Sopandi.

Penambahan kuota haji di wilayah administrasinya, kata Asep, hingga kini belum dapat dipastikan jumlahnya karena masih menunggu surat keputusan gubernur jawa barat, oleh karena itu pihaknya belum bisa menentukan berapa tambahan kuota untuk kabupaten bandung

“Menurut informasi Provinsi Jabar mendapatkan jatah tambahan sebanyak seribu kuota haji dari pemerintah pusat untuk musim haji tahun ini. Dengan demikian, kuota haji di Jabar menjadi 38.582 orang dari 37.366 orang pada tahun-tahun sebelumnya,” papar Asep saat ditemui di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung, Kecamatan Baleendah, Selasa (14/3).

Menurutnya seperti yang diberitakan media, beberapa waktu lalu, tambahan sekitar 1.000 kuota haji akan disebar ke-27 kabupaten/kota. Provinsi Jabar mendapatkan kuota paling banyak, karena jumlah penduduk dan peminat berhajinya yang paling banyak.

“Kemarin dari awal kita punya kuota itu, tapi belum ada SK yang dikeluarkan oleh gubernur, belum ada kabar yang pasti,” tukas Asep.

Asep mengatakan, sampai hari ini, pihaknya belum dapat memastikan apakah daftar tunggu calon jemaah haji di wilayah Kabupaten Bandung berkurang atau tidak secara signifikan. Sekedar informasi, saat ini daftar tunggu di Jabar mencapai 600.000 orang, dengan prakiraan keberangkatan pada 17 tahun kemudian.

“Itu kan kewenangan dari pusat, apakah daftar tunggu di Kabupaten Bandung berkurang atau tidak, kita masih menunggu,” paparnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementrian Agama Azam Mustazam mengatakan bahwa penambahan kuota haji untuk Jabar belum berdampak besar terhadap daftar tunggu haji Jabar. “Penambahan kuota haji untuk Jabar belum berdampak terhadap daftar tunggu haji Jabar pada tahun sekarang,”tegas Azam, belum lama ini.

Azam mengakui minat warga Jabar untuk berhaji cukup tinggi. Rata-rata 500 orang warga Jabar yang mendaftar untuk berangkat haji. Rustandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco