Seleksi Calon Kasek SMP Labrak Aturan, Penyeleksian Dilaksanakan Pejabat Luar Disdikbud

oleh

Penyeleksian Dilaksanakan Pejabat Luar Disdikbud

CIANJUR | Harian Waktu – Seleksi calon Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur diduga melabrak aturan perundang-undangan. Pasalnya, seleksi tersebut tidak melibatkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdukbud) Kabupaten Cianjur.

Diduga, seleksi calon Kepala Sekolah SMP tersebut melabrak Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas), no 28  tahun 2010 dan undang-undang RI nomor 32 tahun 2005 tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam Permendiknas no 28 tahun 200 Pasal 4 ayat 2 disebutkan, calon kepala sekolah/madrasah direkrut melalui pengusulan oleh kepala sekolah atau pengawas yang bersangkutan kepada dinas propinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.

Selanjutnya, undang-undang RI nomor 32 tahun 2005 tentang pemerintahan daerah, pengadaan kepala sekolah merupakan tanggung  jawab dinas pendidikan kabupaten/kota. Oleh karena itu, pengadaan kepala sekolah dengan segala prosesnya dikoordinasikan oleh kepala kantor dinas pendidikan kabupaten/kota.

Namun, yang terjadi di Kabupaten Cianjur, seleksi calon kepala sekolah SMP dilaksanakan pejabat di luar Disdikbud. Bahkan, proses seleksi tengah berlangsung.

Kepala Seksi Fasilitasi Lembaga Penjamin Muta Pendidikan (LPMP), Jawa Barat, Neni mengatakan, dalam  aturan Permendiknas no 28  tahun 2010 dan undang-undang RI nomor 32 tahun 2005 tentang Pemerintahan Daerah, pengadaan kepala sekolah merupakan tanggung  jawab Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. “Seleksi administrasi biasanya oleh dinas pendidikan kabupaten atau kota, sementara diklat nya dilaksanakan badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan daerah,” kata Neni.

Sementara, Kepala Disdikbud Cianjur, Cecep Sobandi mengaku pihaknya belum mengetahui, bahkan tidak dilibatkan dalam proses seleksi calon kepala sekolah SMP. Padahal, kata dia, sekolah SMP merupakan sekolah di bawah lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan.

“Kami tidak tahu, bahkan hingga saat ini belum pernah diajak bicara oleh panitia untuk seleksi calon kepala sekolah SMP,” tegas Cecep, kemarin.

Bahkan, sejumlah calon kepala sekolah SMP yang ikut melakukan seleksi, menuturkan, baru pertama kali ada seleksi calon kepala sekolah dilaksanakan panitia di luar pendidikan. Atas dasar itu, para calon kepala sekolah kini resah. “Kami sangat resah melihat kondisi seperti ini,” kata calon KS SMP yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurutnya, jika ini terus dilanjutkan, maka banyak yang terkena imbas. Dari mulai peran pengawas sekolah tidak berfungsi, kemampuan kepala sekolah akan diragukan, karena di uji bukan  yang berkompeten di bidangnya atau besik dari pendidikan lalu peran dinas pendidikan dan kebudayaan Cianjur akan lemah di tingkat kepala sekolah SMP.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Kepala Satuan Pendidikan dan Kepala UPTD Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi memaparkan, penunjukan dirinya sebagai Panitia Pelaksana (Panpel) seleksi  calon kepala sekolah SMP di lingkungan Pemkab Cianjur, ditunjuk oleh Pemkab Cianjur. Bahkan, kata dia, sudah memiliki surat keputusan (SK).

“Penunjukan saya dilakukan karena memang diberi SK, dan surat itu ada di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah,” kata  Aban melalui telephone selulernya, kemarin.

Saat ditanya terkait seleksi yang dilakukan tanpa sepengetahuan Kepala Disdukbud Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, pihaknya membantah hal tersebut tidak benar. Karena, kata dia, penunjukan dan dalam SK tersebut, tertera nama Kadisdik. “Itu tidak benar, karena Kadisdik juga tahu, bahkan didalam SK nya itu juga ada Kadisdik,”ujar Aban yang juga Asda III Pemkab Cianjur ini.

Aban menerangkan, saat ini proses seleksi sedang berjalan, dari mulai tanggal 3 Maret sampai di umumkan 3 April 2017. Sedikitnya 151 kepala sekolah yang akan dipilih dan menjadi Kepala sekolah SMP di Kabupaten Cianjur. “Prosesnya sedang berlangsung,” tutupnya. Ruslan Efendi/Ricky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco