Waspada Jajanan Berbahaya Mengandung Narkoba

oleh

CIANJUR │Harian Waktu – Adanya jajanan anak sekolah berbentuk permen yang mengandung  narkoba, membuat berbagai pihak khawatir dan waspada. Untuk mengantisipasi jajanan tersebuk masuk ke sekolah-sekolah di Cianjur, Unit Pelaksana Tenis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Cianjur menghimbau kepala sekolah untuk memperketat para pedagang yang berjualan di sekolah.

Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cianjur, Deden Karsanugraha mengatakan, adanya kabar perihal makanan berbahaya, dengan modus- modus tertentu memang bukan hal yang baru, beberapa kejadian terkait makanan yang berbahaya bahkan mengandung zat-zat kimia berbahaya sudah lama terjadi. “Dulu juga kan banyak kasus seperti itu, bahkan modus nya pun beragam,” ujar dia.

Sebagai salahsatu upaya pencegahan kata dia, pihaknya melakukan berbagai langkah partisipatif dengan memberikan himbauan kepada kepala sekolah agar bisa mengantisipasi bahaya makanan berbahan kimia. “Untuk mengantisipasi hal itu kami sudah melakukan langkah-langkah dengan memberikan pemahaman di berbagai pertemuan dinas untuk mencegah hal tersebut, tapi memang hanya sebatas pemberitahuan lisan,” ujar dia.

Dia pun mengatakan bahwa sebagian sekolah mengelola kantin tersendiri dengan koperasi sekolah untuk menginterpensi keberadaan jajanan untuk siswa. “Memerintahkan agar pengelola kantin sekolah yang dikelola oleh sekolah, harus lebih teliti dengan apa yang dijual, terkecuali keberadaan pedagang luar yang juga oleh pihak sekolah harus di kontrol keberadaannya,” tegasnya.

Deden menyebutkan, agar masyarakat khususnya orangtua wali agar bisa memberikan pengawasan kepada anaknya agar tidak membiarkan anaknya jajan sembarangan. “Diharapkan para orang tua dan anak-anak tetap waspada terhadap segala macam bentuk dan jenis narkoba dengan tidak mengonsumsi makanan, minuman, maupun obat-obatan yang tidak memiliki izin edar,” pungkas Deden.Ismat Nasruloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco