789 Unggas yang Terjangkit Flu Burung Dimusnahkan

oleh

CIMAHI │ Harian Waktu – Dinas Peternakan dan Badan Ketahanan Pangan (Disnak BKP) Jabar memusnahkan sedikitnya 789 ekor unggas yang terdiri atas 340 ekor itik, 155 ekor ayam, dan 49 ekor entok (itik manila) yang terjangkit flu burung di Kota Cimahi.

“Unggas tersebut mendadak mati dalam jangka waktu dua minggu akibat positif H5N1 di Desa Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, sudah dimusnahkan setelah tim kami melakukan pengecekan uji rapid test,” kata Kepala Disnak BKP Jabar Doddy Firman Nugraha seperti dilansir Antara, kemarin.

Menurut Doddy, pihaknya sudah melakukan pemusnahaan terhadap 245 unggas sisa unggas milik warga di sekitar lokasi unggas mati positif terjangkit flu burung untuk mencegah penyebaran virus ini.

“Usai dilakukan pendekatan, pada hari Senin 13 Maret dilakukan pendepopulasian terhadap 245 ternak unggas sisa di kandang lokasi kasus. Usai dilakukan depopulasi unggas di lokasi sekarang sudah tidak ada lagi unggas dengan melakukan pengosongan kandang dan pelaksanaan desinfektan, ring vaksinasi, dan pengetatan pengawasan lalu lintas unggas di Cimahi,” terangnya.
Ketika ditanyakan tentang apakah Kota Cimahi masuk dalam kategori darurat flu burung dengan adanya temuan tersebut, ia enggan mengatakan Kota Cimahi darurat flu burung namun pihaknya tetap melakukan kewaspadaan dini untuk mengantisipasi penyebaran virus ini.

“Untuk saat ini Kota Cimahi waspada dini saja. Selain Cimahi, sebelumnya terjadi kasus serupa yang menimpa Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cirebon,” paparnya.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dodo mengatakan virus flu burung ini selain menyerang unggas di Desa Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, ternyata juga menyerang dua warga di lokasi tersebut.
“Kondisi duga warga terduga terkena flu burung tersebut sekarang mulai membaik setelah mendapat penanganan di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Menurut Informasi Dirut RSHS, kedua pasien “suspect” flu burung kondisinya baik,” pungkasnya. Fazar/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco