Hasil Bumi Harus Di Jual Bentuk Olahan Jadi

oleh

BOJONGPICUNGHarian Waktu  – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menginginkan bahan baku hasil bumi di Kabupaten Cianjur agar diolah jadi sebuah produk yang siap jual agar pendapatan masyarakat meningkat.

Hal itu dikemukakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dalam suasana santai di rumah salah seorang warga Kampung Pasirkawung RT 002 RW 004 Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, disela-sela acara Cianjur Ngawangun Lembur.

Menurut Kang Irvan, sapaan akrabnya, Kabupaten Cianjur yang kaya akan sumber daya alam dan hasil buminya sebisa mungkin jangan dijual dalam bentuk bahan bakunya saja. Tapi harus bisa diolah terlebih dahulu menjadi olahan siap saji yang berkualitas tinggi. Misalnya, gula merah bisa diolah jadi gula semut, singkong jadi olahan bermacam –  macam atau hasil bumi lainnya pun harus bisa seperti itu.

“Setelah olahan tersebut berhasil, tinggal mental konsumerisme dari masyarakat pelaku usaha itu yang harus ditekan,” katanya.

Kang Irvan menghendaki, untuk masalah sekunder atau yang tidak benar-benar dibutuhkan, meminta masyarakat mampu menahan diri, sebelum usaha yang di rintisnya sukses. Seperti keinginan membeli HP baru, motor apalagi mobil untuk kepentingan pribadi ditahan saja dulu.

” Profit orientednya harus lebih didahulukan,” pesannya.

Bupati melanjutkan, nantinya kita akan menghimbau agar masyarakat membeli produk hasil olahan masyarakat itu sendiri. Dimulai dari para pejabatnya atau kalau ada yang memang dibutuhkan sebuah bantuan dari Pemkab, dinas terkait akan menganggarkannya.

“Dengan metode seperti ini, minimal masyarakat itu menciptakan peluang penyerapan tenaga kerja dan meminimalisir angka pengangguran,” tambahnya.

Bupati menekankan, harus dibantu soal pemasaran dan manajemennya, hingga masyarakat Cianjur bangga dengan kekayaan hasil bumi yang melimpah ini. Mudah-mudahan, soal rasa memiliki terhadap Cianjur dari masyarakatnya lebih terjalin dan lebih terlihat.

Kalau pendapatan masyarakat meningkat, tambahnya, bisa meningkat juga hasil Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM)nya. Pendidikan bisa dicapai sampai kejenjang yang lebih tinggi, Kesehatan Masyarakat bisa ditingkatkan dan tentunya sisi daya belinya mengalami peningkatan juga. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco