Jembatan Leuwi Panjang Cisadea Mengkhawatirkan

oleh

CIBINONG │Harian Waktu  – Jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Cigewor, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikadu dengan Kampung Sinagar, Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, kini kondisinya sangat menghawatirkan.

Jembatan yang sudah reot dan terbuat dari bambu serta kayu alakadarnya itu membentang sejauh 35 meter membelah diatas sungai Leuwi Panjang Cisadea. Padahal jembatan tersebut setiap hari digunakan masyarakat ke dua desa tersebut untuk berkativitas sehari-hari.

Tokoh masyarakat Kampung Ci Gewor Haji Cacim (60) menjelaskan, betapa sentralnya fungsi jembatan itu sebagai penghubung interaksi ekonomi dan sosial serta pendidikan di dua kecamatan berbeda tersebut. “Ini jalan satu-satunya yang dipakai warga sehari-hari. Kalaupun memakai jalan lain harus memutar jauh waktunya bisa sampai 4 jam lebih,” ucapnya.

Bahkan, lanjut Cacim, beberapa bulan yang lalu ada seorang siswa SMPN I Cibinong yang terpeleset dan jatuh ke sungai. “Pokoknya, kalau dilalui oleh dua orang yang berpapasan saja sudah menakutkanlah,” ungkapnya.

Kemarin itu, lanjutnya, ketika Bupati berkunjung ke Desa Mekarjaya saya sudah siap mengusulkan agar jembatan gantung bambu ini di ganti dengan jembatan gantung baja yang pakai kawat sling. Namun kerena tidak ada sesi tanya jawab langsung dan kesibukan Bupati, sehingga tidak sempat dilaporkan.

Sedangkan Ketua Rukun Tetangga (RT) 002 RW 001 Desa Mekarjaya, Endang (49) mengutarakan, keberadaan jembatan Leuwi Panjang Cisadea adalah kebutuhan mutlak masyarakatnya.

Menurut Endang, bagaimana bisa, warga kami mengalami kemajuan. Sedangkan kebutuhan dan transaksional hasil bumi kebanyakan dijual ke seberang sana.

“Kendala yang paling utama salah satunya adalah buruknya fasilitas jembatan itu,” katanya.

Endang menambahkan, kami mohon dengan sangat, kiranya Bapak Bupati sudi memperbaiki jembatan itu, walau dari pihak kami kemarin tidak sempat melaporkannya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco