HIKING MENJADI PILIHAN UTAMA DI WAKTU LUANG

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Hiking adalah berjalan kaki di alam terbuka yang dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, maupun orang tua, hiking dapat dilakukan secara perorangan atau berkelompok.

Perkataan hiking  berasal dari kata kerja, yaitu  to hike, yang berarti berjalan kaki atau berbaris jauh untuk tujuan kesenangan atau latihan (gerak badan),  kalau kita pegang arti dari perkataan to hike tersebut, maka banyak jenis olah raga jalan kaki yang termasuk hiking, tetapi kenyataannya menunjukan bahwa hiking adalah suatu perjalanan kaki yang mengandung unsur permainan, petualangan dan romantika kehidapan, bukan hanya sekedar berjalan kaki atau berbaris

Hiking di terapi Alam juga tidak semata-mata berjalan, namun selalu ada sesuatu yang akan dipetik hikmahnya,  misalnya kita mencoba untuk mencari tantangan-tantangan dengan kita memanfaatkan kontur alam, seperti memanjat, merayap, mendaki,  dan turun tebing,  tidak jarang diselipkan ilmu pengetahuan selama hiking, baik yang berkaitan dengan binatang ataupun tumbuh-tumbuhan yang ditemukan dalam  perjalanan., hal tersebut untuk menambah wawasan pengetahuan tentang pentingnya kita bersahabat dengan alam.Semua itu dilakukan agar lebih  mengenalkan alam, dan memahami, fungsi dan manfaat alam.

 Kegiatan ini juga mengajarkan kepada kita tentang pentingnya bekerjasama dalam kelompok, keberanian mengambil keputusan serta dapat membentu fisik yang sehat dan kuat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

 Jalur hiking sangat bervariasi, mulai dari track yang mendatar, menurun dan mendaki/menanjak sehingga dapat memberikan kesan petualangan dialam bebas yang dapat membentuk jiwa kebersamaan didalam kelompok,  selama hiking kita diajarkan untuk berdisiplin dengan cara membagi kelompok hiking menjadi kelompok-kelompok kecil, anggota kelompok berjalan secara berurutan satu-persatu dan tidak diperbolehkan untuk saling mendahului dari mulai awal hiking hingga berakhir, dengan demikian rasa kebersamaan dalam kelompok dapat tetap terjaga.

Buat kamu yang penasaran soal hiking, tim Retro Phonic sudah meminta pendapat dari beberapa siswa yang suka hiking salah satunya

Acep Jaelani SiswaKelas 11 TKJ SMK  Gema Pelita “Menurut saya hiking  sebuah olahraga mendaki gunung dengan cara berjalan kaki,  saya juga pernah mendaki gunung gede pangrango Waktu hiking yang cocok  adalah pada  libur tahun  baru dan pada bulan Agustus. Sebelum  pergi hiking saya suka mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu .Tempat yang cocok untuk hiking Gunung Gede dan Gunung  Padang.) ujarnya.

Triska buldanengsih Siswi Kelas 11 Muktimedia SMK Binkara  ”Hiking itu berpetualang  kesuatu tempat yang tentunya sangat diinginkan oleh orang yang mempunyai hobi hiking. Waktu hiking  yang pas pada waktu libur sekolah dan persiapannya tentu fisik harus kuat, kesehatan harus di jaga, harus serba fit. Tempat untuk hiking enaknya ke Gunung dan ke tempat  Wisata Alam. ) pungkasnya.

M.Dika Arasyid Siswa Kelas 11 TKJ SMKN 1 Pagelaran “ karena Alam  merupakan kelas yang sangat luas untuk kita belajar  roll out. Saya pernah  hiking  ke Gunung Gede, Gunun Kasur, Curug Cinulang  dan Kawah  Putih. Waktu yang tepat untuk hiking  Libur sekolah, tahun baru dan pada bulan agustus ) ujarnya.

Lilis Badriyah Kelas  10 TPHP SMK  Negri 1 Sukaluyu “Hiking adalah berjalan  kaki di Alam terbuka yang dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Hiking dilakukan pada tahun baru tepatmya bulan januari. Persiapan yang dilakukan sebelum hiking adalah persiapan fisik,  mental,  persiapan perlengkapan mendaki dan pelajari  mendaki, persiapan  logistic,  persiapan air,  persiapan mencari temen mendaki, dan jangan lupa berdo’a. Tempat yang bagus untuk hiking Gunung Gede Pangrango karena Gunung Gede mepunyai  seribu satu daya pemikat yang bisa membuat pendaki betah. Gunung Gede Pangrango juga punya tempat yang menjadi salah satu daya tarik utama yaitu alun-alun surya kencana,” ujarnya. (hw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco