Demiz Mulai Bergerak

oleh

BANDUNG  | Harian Waktu – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mulai terbuka soal niat dirinya maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Demiz mengakui sudah melakukan pertemuan secara intens dengan empat partai dalam rencana pencalonan diri sebagai Gubernur Jabar.

Sayangnya Demiz belum mau membeberkan partai mana saja yang telah melakukan pendekatan kepada dirinya.“Kalau yang paling intens itu ya ada tiga sampai empat partailah, tapi jangan dulu lah,” kata Demiz.

Meskipun melakukan komunikasi dengan empat partai yang tidak disebutkan, pihaknya juga mengakui sudah melakukan komunikasi hampir kepada semua partai politik. Karena lanjut Demiz, komunikasi politik itu merupakan salah satu bagian dari proses demokrasi dan pihaknya tidak bisa membatasi partai mana yang akan mengusung.

“Kita ikuti proses demokrasi dan di antara lain melakukan komunikasi politik dengan partai yang ada,” tuturnya.

Namun Demiz memastikan ke empat partai yang sedang melakukan pertemuan secara intens dengan dirinya itu bukan yang mendukung Ahok di Pilgub DKI Jakarata.”Yang jelas bukan partai yang mendukung Ahok lah,” ujarnya.

Demiz menambahkan pihaknya masih melakukan pemetaan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur 2018, namun ia juga masih belum terlalu membebankan pikirannya pada Pilgub yang masih lama. “Yang jelas saya masih menjalankan tugas yang utama sebagai Wagub, jangan sampai waktu yang lama ini menyita pemikiran kita,” tambahnya.

Sebelumnya, Lembaga survei Indonesia Strategic Institute (INSTRAT) menyimpulkan, Deddy Mizwar dan Ridwan Kamil adalah tokoh yang paling layak menjadi calon gubernur (cagub).

“Dua nama itu yang dianggap paling layak setelah dikerucutkan dari 13 nama kandidat yang muncul. Setelah itu ada nama Deddy Yusuf, Deddy Mulyadi dan Rieke Diah Pitaloka,” ujar Direktur Eksekutif Jalu Pradhono Priambodo saat mengumumkan hasil survei lembaga yang dipimpinnya, medio Januari lalu.

Survei INSTRAT menunjukkan Demiz memiliki popularitas 94%, rasio kenal-suka 54,5%, kelayakan gubernur 53,8%, dan kelayakan wakil gubernur 14,4%. Sementara Ridwan Kamil memiliki popularitas 80,4%, rasio kenal-suka 69,8%, kelayakan gubernur 58,9% dan kelayakan wakil gubernur 8,7%.

Kandidat ketiga Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memiliki popularitas 57,7%, rasion kenal-suka 56,2%, kelayakan gubernur 33,6%, kelayakan wakil gubernur 12,4%.

Dari segi popularitas, Demiz menempati urutan pertama dengan 94,0%, disusul Dede Yusuf 89,7%, posisi ketiga Desi Ratnasari (86,9%), keempat Ridwan Kamil (80,4%), kelima Rieke Dyah Pitaloka (69,2%) dan keenam Dedi Mulyadi (57,6%). Zacky/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco