Disdukcapil Masih Serba Kekurangan

oleh

KARANGTENGAH | Harian Waktu – Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, masih serba kekurangan dalam segala hal. Untuk eKTP saja masih membutuhkan 93.000 blanko, personil ditiap-tiap kecamatan perlu penambahan petugas dan armada untuk memenuhi pelayanan identitas kependudukan masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil, Dundi Fajar menjelaskan, kebutuhan blanko baru disesuaikan dengan masyarakat pengguna surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh pihaknya sebagai pengganti blanko yang kosong. “Intinya berdasarkan masyarakat yang sudah melakukan rekam data e-KTP tapi blankonya belum keluar,” ujarnya.

Kalau menurut hitung-hitungan real dilapangan lanjutnya, kebutuhan blanko e-KTP bisa mencapai lebih dari angka 100 ribu buah. Hal ini menyangkut pada masyarakat yang e-KTP nya sudah terlalu usang, rusak berat ataupun hilang. Belum lagi masyarakat yang belum melakukan rekam data e-KTP juga harus menjadi hitungan juga.

“Yang belum rekam data kebanyakan beranggapan, yang sudah rekam saja susah tidak dapat blankonya, apalagi yang baru rekam data belakangan,” tutur Dundi diruang kerjanya.

Dundi juga menerangkan soal kebutuhan personil operator di kecamatan-kecamatan belum sepenuhnya maksimal. Saat ini hanya baru satu orang operator saja tiap kecamatan. Ini sangat mengurangi mobilitas pelayanan identitas kependudukan di masyarakat.

Idealnya, setiap kecamatan itu tiga orang operator yang masing-masing menjalankan setiap keahliannya. Misalnya ketika sudah melakukan rekam data, dilanjutkan berkoordinasi dengan pihak kecamatan lalu koordinasi juga dengan pihak desa. Dan yang terakhir langsung ke pihak RT.

Soal penambahan operator ini masih terkendala oleh pendanaan yang ada. Bantuan dari Kemendagri sebesar 4 milyar rupiah jelas tidak bisa digunakan untuk itu karena tidak ada peruntukannya.

Satu lagi kebutuhan armada pelengkap pelayanan kependudukan berupa mobil yang dinamai Si Kancil. Kabupaten Cianjur ini baru punya satu armada saja. Itupun, operasionalnya masih mengandalkan momen acara Pak Bupati, Cianjur Ngawangun Lembur. (hw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco