Tindak Tegas Pelaku Pedofil

oleh

BANDUNG | Harian Waktu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mengimbau agar aparat penegak hukum menindak tegas para pelaku kejahatan seksual terhadap anak atau paedofil agar kasus serupa tidak terjadi lagi terhadap anak-anak.

“Saya harapkan aparat juga lebih preventif lagi, artinya upaya pencegahan dini harus benar-benar ditingkatkan lagi agar masalah paedofil atau predator anak ini tidak semakin meluas,” kata Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, kemarin.

Menurut dia, maraknya kasus paedofil saat ini menjadi keprihatinan semua pihak di Indonesia mengingat dampak yang besar akibat kasus kejahatan seksual terhadap anak, terutama untuk anak yang menjadi korban. “Sepertinya ini harus dicegah dan dijaga agar masalah ini jangan semakin meluas lagi,” ungkapnya.

Ineu menuturkan kewaspadaan dari orang tua, keluarga, lingkungan sekitar hingga sekolah diperlukan agar kasus kejahatan seksual terhadap anak tidak terjadi lagi. Selain itu, politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini mengimbau agar orang tua tidak gagap teknologi (gaptek) terkait kasus paedofil dengan memanfaatkan media sosial yang berhasil dibongkar aparat kepolisian beberapa waktu lalu.

“Bagaimana mungkin orang tua bisa memantau anak-anaknya di dunia maya kalau dia gaptek. Jadi orang tua harus bisa mengedukasi anak terkait penggunaan media sosial dan juga harus mengawasi pemanfaatan teknologi seperti smartphone oleh anak-anaknya,” ungkapnya.

Dirinya juga sepakat dengan Gubernur Jawa Barat yang menyatakan bahwa ketahanan keluarga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah terjadinya kasus kejahatan seksual terhadap anak. “Tentunya, ketahanan keluarga, kebersamaan dan keakraban keluarga bisa menjadi modal untuk mencegah kasus predator anak,” jelas Ineu.

Kasus kejahatan asusila terhadap anak belakangan cukup marak, termasuk di Jabar. Seperti yang terjadi di Kabupaten Garut, Karawang, dan Pangandaran. Di Garut, polisi masih terus mendalami kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur. Korban dalam kasus ini diduga mencapai belasan anak .

“Sampai saat ini korban yg sudah diminta keterangan baru 2 orang, namun kemungkinan besar masih ada korban-korban lain, ” ungkap Kasat Reskrim Polres Garut AKP Hairullah.

Dalam kasus ini Polres Garut telah menetapkan satu tersangka dalam kasus yang cukup menggegerkan warga Garut ini “Dan terhadap yang diduga pelaku sudah kami tetapkan tersangka,” jelasnya

Sebelumnya polisi mengamankan seorang pemuda yang diduga telah melakukan tindakan cabul terhadap belasan anak di bawah umur. Pemuda berinisial W itu diamankan di Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Senin, 13 Maret 2017 malam.

Sementara terbongkarnya kasus cabul yang korbannya mencapai 24 anak SD di Karawang, menjadi perhatian serius pemerhati anak Indriyani. Menurut Indriyani, kasus cabul yang menimpa banyak anak di Karawang harus menjadi perhatian semua pihak.

“Tapi kita tidak hanya menghakimi para pelaku saja, hal penting lain bagaimana kita mencari solusi memutus mata rantai kejahatan seksual terhadap anak-anak,” ujar Indriyani, wanita yang juga menjabat anggota DPRD Karawang ini.

Indri mengatakan, peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga sangat penting. Salah satunya dengan melakukan tindakan prefentif seperti menggelar seminar, pelatihan,  dan sosialisasi terkait maraknya tindakan cabul terhadap anak.

“Hal utama yang harus kita sikapi hari ini juga terkait dengan penyediaan rumah aman bagi korban tindak kekerasan. Pemkab maupun Kepolisian belum mempunyai rumah aman untuk para korban,” ujarnya.

Selain itu, Indri menghimbau agar bupati dan juga sebagai kaum perempuan bisa lebih peka terhadap persoalan perempuan anak. Beberapa waktu lalu misalnya, Indri melakukan kerja sama dengan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Anak Provinsi Jabar dalam mensikapi kasus cabul terhadap anak.

Sedangkan di Pangandaran seorang oknum guru Agama honorer diketahui mencabuli sejumlah siswi SD dan korbannya kemungkinan mencapai lebih dari 10 orang. Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco