Upah PHL di Bawah Standar

oleh

BANDUNG | Harian waktu – Meskipun peran dan tugasnya tergolong penting, namun keberadaan para pekerja kebersihan di Kabupaten Bandung dinilai masih dipandang sebelah mata. Terutama menyangkut kesejahteraan mereka yang rata-rata masih rendah.

Padahal belakangan setiap hari mereka bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi jelang penilaian adipura, semua titik yang jadi penilaian dirapikan oleh para pekerja kebersihan.

Target Pemkab Bandung menuju Kabupaten Bandung Bersih, seakan jadi ironi karena tidak dibarengi dengan upah dan kesejahteraan  petugas kebersihan khususnya yang berstatus non Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena masih dibawah standar.

Salah seorang pegawai harian lepas (PHL) Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, yang enggan disebutkan namanya mengatakan, setiap hari bekerja dari mulai pukul 07.00 WIB hingga batas waktu yang tak ditentukan. Karena tak jarang mereka baru usai bekerja selepas pukul 21.00 WIB.

Dalam sepekan pun, mereka bekerja selama enam hari. Alias pada hari Sabtu pun mereka tetap harus berurusan dengan kondisi lingkungan yang buruk seperti tumpukan sampah. Bahkan, juga mengandung risiko karena pekerjaannya dilakukan di sepanjang jalan raya.

“Kalau jam kerja, yang namanya di lapangan itu kadang tidak tentu. Apalagi kalau macet yah sudah biasa pulang malam,” katanya saat ditemui di stop over sampah Jalan Raya Citaliktik.

Selain jam kerja tak menentu, lanjutnya, upah bulanan yang mereka terima pun tak seberapa. Perbulan mereka hanya di upah sebesar Rp1,5 juta, ironisnya meskipun sehari-hari mereka cukup berat, harus berjibaku dengan bau dan kotornya sampah yang rentan menimbulkan gangguan kesehatan serta rawan terjadinya kecelakaan. Para petugas kebersihan berstatus PHL ini tidak memiliki jaminan kesehatan seperti Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) atau asuransi kesehatan lainnya.

“Memang risikonya sangat berat, selain ancaman kesehatan juga risiko kecelakaan kerja, seperti terkena beling atau tertusuk bekas sate. Kalau sakit yah berobat sendiri, begitu juga kalau anak istri sakit biaya sendiri saja. Karena memang kami enggak punya jaminan kesehatan,” tukasnya.

Selain PHL, lanjut dia, petugas kebersihan di Kabupaten Bandung ini ada juga yang berstatus magang. Para pekerja magang ini, meski setiap hari bekerja, namun sama sekali tidak mendapatkan upah. Penghasilan mereka hanya mengandalkan sampah rongsokan yang dikumpulkan dari sampah yang mereka angkut dan dipilah di atas truk.

Saat dikonfrontir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusuma tak membantah jika selama ini pihaknya belum dapat meningkatkan kesejahteraan para petugas kebersihan ini. Kata dia, saat ini petugas kebersihan sebanyak 380 orang. Dengan armada truk pengangkut sampah sebanyak 80 unit.

Dari jumlah 380 orang ini memang ada yang berstatus PHL dan PNS serta pekerja magang. Namun untuk pekerja magang ini sebenarnya tidak ada dalam struktur kepegawaian, mereka ini hanya membantu dengan penghasilan yang didapat dari barang rongsokan yang mereka kumpulkan.

“Kami juga akan melakukan audit Sumber Daya Manusia (SDM) kawan-kawan di lapangan ini, kami juga tengah berusaha meningkatkan kesejahteraan kawan-kawan petugas lapangan ini. Ini juga arahan dan dorongan dari pak bupati untuk selalu memerhatikan kesejahteraan para pekerja ini. Ini akan kami lakukan secara bertahap lah,” jelasnya.

Menurutnya keberadaan para PHL dan tenaga magang ini keberadaannya sangat dibutuhkan. Sehingga, pihaknya sangat menghargai keringat mereka. Adapun keberadaan pekerja magang ini sangat sebenarnya tidak berada dalam struktur kepegawaian. Mereka hanya membantu dengan timbal balik mendapatkan barang rongsokan dari sampah yang dipilahnya.

“Kalau pekerja magang itu memang tidak masuk struktur kepagawaian. Dan istilah magang juga sebenarnya tidak ada, itu hanya istilah mereka saja. Tapi keberadaannya juga sangat membantu kami. Dan tentunya jika ada pengangkatan kembali tenaga PHL, pasti mereka yang magang akan kami jadikan PHL,” pungkasnya. Rustandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco