Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Unsur Terlunta-Lunta

oleh

 

CIANJUR | Harian Waktu – Kabar miring mengenai Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Universitas Suryakancana, yang sejak  tahun ini tidak akan menerima kembali mahasiswa semakin jelas. Pasalnya dalam Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Nomor 3389 tahun 2013 Tentang penamaan perguruan tinggi, fakultas dan jurusan pada pendidikan agama Islam, mengharuskan adanya kesesuaian antara jurusan dan fakultas.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Suryakancana, Iis Ristiani kepada HW, selasa (28/3) kemarin. “Kalo dalam brosur memang masih tertulis, tapi sudah diarahkan ke program study lain bagi mahasiswa yang mau masuk ke jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Artinya khusus MPI fakultas Ekonomi Bisnis Islam tidak menerima mahasiswa yang mau masuk ke MPI,” ujarnya.

Iis mengatakan walaupun demikian, pihak Rektorat Unsur akan bertanggungjawab atas kejadian tersebut, dengan memindahkan jurusan tersebut ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). “Atas saran dari Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam, kami akan memindahkan mahasiswa yang masih ada yaitu angkatan 3 dan angkatan 4 ke FKIP dengan jurusan tetap,” ujarnya.

Namun hal tersebut, tidak membuat salah satu mahasiswa jurusan MPI semester 4, Ilyas Suryadi, mengatakan dirinya tidak yakin dengan apa yang dikatakan pihak Rektorat yang mengatakan akan dipindah fakultasnya. “Bagaimana mungkin jurusan manajemen pendidikan Islam bisa di pindahkan FKIP, sedangkan MPI ada embel-embel Islamnya, tetep aja harus ada di fakultas semula, yaitu Fakultas Agama Islam, kecuali embel-embel Islam nya tidak ada,” ujarnya.

Ilyas yang juga aktivis GMNI ini menganggap, bahwa pihak kampus tidak serius memikirkan nasib lulusannya, yang membiarkan jurusannya ter lunta-lunta, tidak ada kejelasan. “Kami hanya ingin kepastian, sejelas-jelasnya, agar kami bisa nyaman dalam belajar,” tegasnya.

Jelas jelas kata dia, di Universitas Suryakencana jurusan Manajemen Pendidikan Islam ini ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, pada dasarnya tidak satu rumpun yang seharusnya ada di fakultas Tarbiyah. ”Seharusnya jurusan MPI  dulu itu tetap ada di fakultas agama Islam dengan perubahan tersebut justru yang mengakibatkan terjadinya rumpun yang berbeda, lalu apakah kami harus melegalisir ijazah ke Kopertis, kan tidak mungkin,” kata dia.  Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco