Volume Kendaraan Pribadi Meningkat Angkutan Umum Merugi

oleh

CIPANAS | Harian Wakru – Meningkatnya volume kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dari tahun-ketahun ternyata berpengaruh terhadap pelaku bisnis transportasi umum. Para pengusaha transportasi umum seperti angkutan desa, angkutan kota hingga lintas provinsi merugi. Diduga penyebabnya karena untuk mendapat kendaraan terutama sepeda motor sangat mudah, hanya dengan down payment (DP) satu juta rupiah saja sudah bisa membawa pulang sepeda motor.

Seperti yang di keluhkan Dodi (52) salah seorang sopir angkutan umum jurusan Cianjur – Bogor mengeluhkan atas kondisi saat ini, murahnya uang muka motor yang bisa diakses masyarakat mengakibatkan sepinya penghasilan para pebisnis transportasi umum. Pasalnya masyarakat hari ini lebih memilih mengendarai sendiri ketimbang naik transportasi umum.

“Kadang kala dalam sehari hanya bisa membayar setoran saja alias tidak mendapat keuntungan. Banyak faktor salah satunya masyarakat sudah memiliki kendaraan pribadi seperti motor,” keluh Dodi kepada HW saat di temui di jalan raya Cipanas baru-baru ini.

Selain faktor tersebut, di wilayah Cipans dan Bogor sering terjadi kemacetan, terutama di akhir pekan lantaran banyak para pelancong yang berlibur ke daerah tersebut tentunya hal itu pun menjadi salah satu faktor minimnya penghasilan.

“Jika terjadi kepadatan arus lalu lintas yang dipadati oleh kendaraan pribadi para sopir angkutan umum harus mencari jalan pintas atau memutar balik lantaran tidak ingin menerima resiko kemacetan,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang pengguna kendaraan bermotor Suhendra (24) saat di mintai komentar mengaku bahwa mengendari motor lebih mudah dan lebih cepat ketimbang memanfaatkan transportasi umum terutama saat dikejar waktu.

“Ya mending menggunakan kendaraan pribadi ketimbang naik transportasi umum. Kita tidak bisa memaksa sopir agar buru-buru sampai ketujuan lantaran yang di bawa bukan hanya saya saja ada penumpang lain,” terangnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco