Ratusan TNI di Tes Urine, Sanksi Pemecatan Jika Positif Gunakan Narkoba

oleh

 

SUKABUMI | Harian Waktu – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi, menggelar tes urine di Makodim 0607 Sukabumi, kemarin. Sebanyak 120 anggota TNI dari Kodim dan beberapa anggota Koramil yang berada di wilayah hukum Kodim 0607, dikumpulkan di ruang Aula.

“Hari ini kita melakukan tes narkoba yang bekerjasama dengan BNNK Sukabumi. Dan ini sudah menjadi program bagi anggota TNI, setiap tiga bulan sekali, untuk memerangi narkoba,” ujar Kepala Staf Kodim 0607, Mayor Inf Suparno, kepada HW Sukabumi, kemarin.

Dia berujar, sesuai perintah komnado diatas, Panglima TNI, jelas bila yang kedapatan positif narkoba, maka pihaknya tidak akan segan-segan melakukan pemecatan terhadap anggota.”Kita tidak main-main terhadap narkoba itu. Dan ini sudah menjadi perintah Panglima TNI, malah perintah Presiden, agar memerangi narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, peran babinsa yang ada di derah-daerah bila ada indikasi transaksi narkoba, pihaknya berharap agar anggota yang ada di bawahnya untuk melakukan koordinasi baik dengan muspika, terutama dengan aparat kepolisian, agar mereka bisa mencegah.

“Ya aparat Koramil, Babinsa, Kepolisian serta aparat kecamatan harus bisa menjadi penyuluh narkoba. Kalau ada kecurigaan di wilayahnya maka Babinsa bisa koordinasi dengan aparat kepolisian untuk menagkapnya,” katanya.

Kepala BNNK Sukabumi,Deni Yusdanial mengatakan, lingkungan kerja yang bersih dari narkoba, menunjang terlaksananya target instansi, pemda, TNI/ Polri secara maksimal. Karena secara SDM, mereka mampu bekerja optimal akibat fisik dan jiwanya tidak rusak oleh narkoba.

“Saat ini di Indonesia, kontribusi jumlah penyalahgunaan terbesar, berasal dari kelompok pekerja. Karena mereka memiliki kemampuan finansial dan tekanan kerja yang besar,” ujarnya.

Menurutnya, tingkat stres yang tinggi dapat memicu orang untuk menggunakan narkoba. Apalagi ada mitos, narkoba dapat meningkatkan stamina dan memberikan rasa senang serta percaya diri bagi penggunanya.

Sekaligus bersinergi dengan instansi terkait seperti Kemkes, BNN, Polri, Kemsos, atau TNI membuat program tes urine dan penyuluhan narkoba secara berkala di kesatuannya masing-masing.

 “Hasilnya sudah kita berikan langsung institusi terkait, biar nanti mereka yang mengumumkan seperti apa hasilnya,” tandasnya.Tanti Kartika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco