Ribuan Masyarakat Cianjur Minta eKTP Secepatnya

oleh

KARANGTENGAH | Harian Waktu – Ribuan masyarakat Cianjur pemegang surat keterangan (Suket) sebagai pengganti blanko eKTP menginginkan agar segera punya KTP elektronik secepatnya. Karena selama ini masyarakat pemegang Suket merasa kurang afdol dan merasa tidak percaya diri manakala harus memperlihatkan catatan identitas kependudukan.

Salah satunya adalah masyarakat Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Ridwan (33) menginginkan dengan segera eKTP untuk melamar pekerjaan demi menghidupi anak istrinya.

Ridwan menceritakan pada bulan September tahun 2016 lalu sebagai pengalaman pahit yang dialaminya,  ketika itu datang panggilan dari perusahaan tempat dirinya melayangkan surat lamaran. Saat itu dirinya disuruh memperlihatkan KTP asli yang menjadi syarat paling utama.”Ternyata, saat itu suket yang saya bawa tidak dianggap perusahan. Gara-gara bawa suket tidak bawa eKTP saya tidak jadi diterima kerja,” katanya.

Walaupun sekarang sudah ada jaminan  pemegang suket bisa diterima, Ridwan sudah merasa kecewa. Dan hanya mau memegang e-KTP dengan blanko yang asli.

Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, melalui Sekretaris Dinasnya, Pujo Nugroho menerangkan ketersediaan blanko eKTP dipastikan bulan April sudah tersedia.

Pujo juga menjelaskan kebutuhan Kabupaten Cianjur akan blanko e-KTP sekitar 93. 000 menurut pada catatan rekam data yang sudah dilakukan dan seratus ribu lebih untuk antisipasi perbaikan pada blanko e-KTP yang sudah rusak ataupun hilang.

Pihak Disdukcapil pun sudah melayang surat mengenai keperluan ketersediaan blanko itu kepada Kemendagri seperti yang dilakukan oleh daerah lainnya.”Tapi nanti datangnya akan bertahap, dimulai dari jumlah 15 ribu blanko terlebih dahulu,” tandasnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco