Seleksi Kepala Sekolah SD Harus Segera Dilaksanakan

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Setelah seleksi calon kepala sekolah SMP usai kini giliran seleksi untuk calon kepala sekolah SD. Seleksi kepala sekolah SD sangat dibutuhkan karena disetiap Kecamatan masih terdapat kepala sekolah yang doble job atau memegang dua sekolah.

Ketua Kelompok Kerja Kepala UPTD TK/SD Kabupaten Cianjur, Nandang Kosasih mengatakan, saat ini di 32 UPTD Kecamatan se Kabupaten Cianjur banyak kepala sekolah yang memegang 2 sekolah sekaligus. Dengan demikian kondisinya sedang transisi.

“Sesungguhnya kami sudah mengusulkan untuk rotasi mutasi, karena di 32 Kecamatan menurut informasi, sudah ada para calon kepala sekolah yang sudah siap, baik yang promosi atau pun yang dobel job tadi,” ucapnya.

Namun dirinya berharap agar proses rotasi mutasi tersebut tidak ada kegaduhan dari berbagai pihak, dan berjalan sesuai aturan. “Regulasi yang ada sudah sedemikian rupa mengatur untuk proses tahapan, seleksi dengan berbagai klasipikasi dan diharapkan sesuai dengan ketentuan,” imbuhnya.

Adapun tahapan atau kriteria pelaksanaan rekrutmen itu direkrut dari bawah. Mulai dari tingkat Kecamatan yaitu UPTD yang menjadi kewenangan Kabupaten dan kemudian Kabupaten sudah mendelegasikan kepada panitia di tingkat Kecamatan. “Biasanya di buat tim pertimbangan pengangkatan calon kepala sekolah yang diketuai oleh kepala UPTD,” tandasnya.

Untuk klasifikasi persyaratan menurut Nandang yang juga kepala UPTD TK/SD Karangtengah harus normatif dimulai dari segi administrasi, kemudian wawasan akademis dan keagamaan, yang dijaring oleh tim. “Syaratnyakan sudah jelas, golongan minimal 3 C, kemudian telah lolos di tingkat Kecamatan di usulkan ke tingkat Kabupaten, untuk di tindak lanjuti begitu tahapanya,” tuturnya.

Dia menambahkan, bahwa kedepan mungkin prosesnya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Nampaknya ke depan akan berbeda ada proses lain, yang kemudian nanti prosesnya akan persis sama dengan seleksi Kepsek SMP,” imbuhnya.

Namun dia berharap, proses rotasi mutasi akan segera dilakukan mengingat masih banyaknya persoalan mengenai pemerataan guru yang harus segera dibenahi. “Bagai manapun bentuk seleksi tersebut, kami akan menerima dengan harapan adanya pembenahan dan pemerataan demi terjaminnya kualitas pendidikan yang maju di Kabupaten Cianjur,” pungkasnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco