Di Balik Pameran Lukisan, Tingkatkan Semangat Pelukis Sukabumi

oleh

Sukabumi merupakan satu diantara sekian kota di Indonesia yang mencetak pelukis-pelukis handal. Namun kejayaan itu sempat hilang seiring sulitnya mengadakan pameran. Namun kini, para seniman seni rupa ini mulai bergeliat kembali untuk menunjukan taringnya.

LAPORAN : Mochamad Pajar

Lukisan merupakan satu diantara sekian seni rupa yang bernilai tinggi. Tak ayal, banyak pameran lukisan yang dihadiri berbagai orang. Selain itu, pameran merupakan salah satu cara menghargai para seniman seni rupa tersebut. Hal itu juga yang membuat Yusup Junaedi selaku penanggung jawab membuat pameran lukisan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. “Kegiatan pameran sempat terjadi di awal era 2000an. Namun hilang sampai acara yang kami selenggarakan ini. Ini salah cara kami agar semangat pelukis Sukabumi tidak luntur,” ujar Penanggung Jawab Pameran Lukisan, Yusup Junaedi,kemarin.

Apalagi potensi pelukis Sukabumi itu sangat bagus. Apabila semangatnya luntur, bisa menghilangkan kejayaan pelukis-pelukis di Sukabumi. “Pelukis Sukabumi itu sangat subur, bahkan dari muda hingga senior. Pameran ini mudah-mudahan bisa meningkatkan semangat pelukis itu sendiri,” ucapnya.

Apalagi dalam pameran ini ada 120 lukisan dengan berbagai aliran. Jumlah tersebut berasal dari 63 pelukis. “Aliran lukisan yang dipamerkan ada berbagai macam, mulai realis, natural dan yang lainya,” ungkapnya.

Bahkan, karya-karya seni ini banyak yang dibandrol dengan harga tinggi. Hal itu biasanya tergantung dari nilai historis ataupun hal lain yang bersifat pribadi. “Di sini ada yang menjual hingga Rp100juta. Tema lukisan itu religius yang pelukisnya ialah Fajar Laksana,” terangnya.

Meskipun, lanjut Yusup tidak ada lelang dalam kegiatan tersebut. Penjualan lukisan itupun hanya bersifat pribadi. “Kalau harga-harga itu bersifat pribadi, itupun apabila ada yang berminat dan ingin dijual,’ jelasnya

Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz mengatakan, even-even pameran tersebut bisa menjadi pemicu agar terus tercipta pameran-pameran lukisan di Kota Sukabumi. Apalagi sebentar lagi Kota Sukabumi akan memiliki Gedung Kesenian. “Gedung kesenian yang masih proses pembangunan ini nanti bisa digunakan semua masyarakat Sukabumi untuk berbagai kegiatan kesenian,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco