Jangan Bebani Essien

oleh

BANDUNG | Harian Waktu – 15 tahun berkiprah di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa adalah alasan utama ketidakpantasan meragukan kualitas seorang Michael Kojo Essien. Namun untuk melakoni kompetisi Liga 1 Indonesia yang akan bergulir dua pekan ke depan, kondisi gelandang bertahan Persib Bandung itu masih sarat tanda tanya.

Kenyataan itu diungkapkan Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman. Setelah beberapa hari mengikuti latihan, Djanur menilai kondisi Essien masih belum cukup kompetitif untuk melakoni pertandingan pada level tertinggi.

“Kalau soal teknik dan skill, sudah tidak usah diragukan lagi. Buktinya selama belasan tahun dia bisa bermain reguler di kompetisi top Eropa, baik di Prancis, Inggris, Spanyol, maupun Italia. Masalah utamanya saat ini memang adalah pada kondisi fisik,” ujar Djanur di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, kemarin.

Selain belum cukup fit, Essien masih berkutat dengan masalah kelebihan berat badan. Dia tampak gemuk dan pergerakannya belum terlalu gesit. Menurut Djanur, mantan gelandang AC Milan itu wajib menurunkan berat badannya beberapa kilogram menuju standar fisik ideal.

“Ya, dia jelas masih kelebihan berat badan. Essien, harus menurunkan berat badannya dulu beberapa kilo mungkin,” tutur Djanur.

Liga 1 akan digelar dalam hitungan hari. Format kompetisi penuh membuat setiap klub bakal melakoni 34 pertandingan, 17 di antaranya harus dilakoni di luar Bandung. Tipikal permainan sepak bola di Indonesia yang mengutamakan kekuatan fisik, terutama kecepatan lari ketimbang teknik tentunya butuh stamina prima.

Sehebat apapun teknik seorang pemain, akan keteteran jika tak punya kebugaran ideal. Selain itu kondisi tempat di Indonesia yang secara grografis berjauhan juga sudah pasti akan menguras energi di luar lapangan. Djanur pun tak ingin beban psikologis dilimpahkan terlalu besar di pundak Essien.

“Secara fisik, jelas kondisi Essien belum kompetitif. Tingkat kebugaran belum normal karena baru bergabung dengan tim, apalagi baru datang dari Eropa. Butuh waktu beradaptasi dan mengembalikan kebugarannya, jadi jangan dulu berharap banyak,” ujar Djanur.

Michael Essien adalah pemain impor berkelas internasional pertama yang didatangkan Persib Bandung. Mantan pilar tim nasional Ghana itu diproyeksikan untuk mengisi posisi gelandang serang Persib pada Liga 1 musim 2017.

Pemain berjulukan Si Bison itu punya reputasi kuat di level internasional setelah merajai Inggris dan Eropa bersama Chelsea. Namun memang, performa pemain 34 tahun tersebut merosot tajam dalam dua tahun terakhir akibat digerus cedera sehingga sangat jarang bertanding. Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco