Maju ke Pilgub Jawa Barat 2018. Pulang Umrah, Niat Emil Kian Bulat

oleh

BANDUNG | Harian Waktu – Sepulang dari umrah, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil makin mantap dengan niatnya untuk maju ke Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Emil sebelumnya sengaja cuti dari tugasnya sebagai Wali Kota Bandung untuk berangkat umrah bersama istrinya Atalia Praratya Kamil.

Setelah menginjakan kembali kakinya di Tanah Air, Emil mengaku terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai terkait keikutsertaannya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku, terus menjaga hubungan baik dengan seluruh partai meski telah resmi dipinang Partai Nasional Demokrat.

Emil pun membantah jika deklarasi pengusungan oleh Partai Nasdem dianggap sebagai bentuk pengkhianatannya terhadap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra yang mengusungnya pada Pemilihan Wali Kota Bandung 2013 silam. “Saya tidak melangkahi partai mana pun,” ujar Emil, kemarin.

Emil mengatakan, Partai NasDem merupakan partai yang pertama memberi jawaban terkait pencalonannya itu. Sebelum NasDem mendeklarasikan dukungan, Ia sudah berkomunikasi dengan partai-partai lain menyangkut rencananya dalam menjadi orang nomor 1 di Jawa Barat itu. “Jadi Nasdem yang pertama menjawab (akan mengusungnya),” katanya.

Menurut Emil, dalam pekan ini akan bertemu dengan PKS untuk membahas pencalonannya tersebut. Hal serupa pun akan dilakukannya dengan Partai Gerindra. “Pekan ini ketemu PKS, pekan depan dengan Gerindra. Jadi enggak ada masalah,” katanya.

Bahkan, Emil mengaku telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Setya Novanto untuk membahas pencalonannya dalam ajang demokrasi lima tahunan tersebut. “Bahasnya seputar pilgub,” kata Emil meski menolak merinci pertemuannya dengan Ketua DPR RI itu.

Meski banyak menjalin komunikasi dengan partai, kata Emil, tidak menutup kemungkinan jika dirinya maju melalui jalur perseorangan. Karena, berkaca dari adanya calon pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 yang batal diusung partai meski telah dideklarasikan.

“Kalau independen siap, partai enggak ada yang mau, ya kita mana saja yang pergunakan yang paling baik,” katanya. Emil pun menegaskan, dirinya siap kalah dalam menghadapi Pilgub Jawa Barat 2018. “Menang siap, kalah juga siap,” terangnya.

Emil merasa mesti bersikap cermat membaca situasi dan tidak terlalu cepat membuat keputusan politik. Dia mengamati dinamika politik sebelum Pilkada DKI Jakarta: banyak tokoh mendeklarasikan pencalonan namun kandas di menit-menit akhir pendaftaran karena tak didukung partai politik.

“Akhir pendaftaran masih panjang. Saya enggak mau berandai-andai karena berkaca di Pilkada DKI, saya enggak mau geer (percaya diri) di awal-awal,” katanya.

Emil mulai terang-terangan menyatakan siap mencalonkan gubernur Jawa Barat setelah Partai Nasdem mendeklarasikan dukungannya di lapangan Monumen Bandung Lautan Api Tegalega, Kota Bandung, pada 19 Maret 2017. Deklarasi itu ditandai dengan penyerahan langsung rekomendasi politik oleh Ketua Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa, kepada Emil di hadapan sang Ketua Umum, Surya Paloh.

Belakangan, meski belum santer, namun muncul wacana Emil bakal bersanding dengan Wakil Gubernur Jabar saat ini Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2018. Demiz pun menyatakan, ia tak akan menampik sosok Emil jika partai yang mengusungnya meminta sosok yang berprofesi sebagai artis peran itu berduet dengan Emil di Pilgub 2018.

“Bisa saja (disandingkan), semuanya masih mungkin, masih cair. Belum ada yang pasti menjadi Jabar 1 dan Jabar 2, kan sangat mungkin terjadi,” kata Demiz.

Bahkan diakuinya, saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo dirinya sempat bercanda jika disandingkan dengan Wali Kota Bandung tersebut, maka kursi menuju Jabar satu akan sangat mudah.

“Saya bercanda dengan Pak Jokowi kemarin beliau nanya bagaimana Pilgub. Menurut saya (kepada Joko Widodo) dari hasil survei saya dengan Kang Emil (Sapaan akrab Ridwan Kamil) tertinggi kalau kita bareng-bareng, jangan-jangan lawan kotak kosong,” terangnya. Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco