Mimpi Urang Bandung Segera Terwujud, Prototipe Metro Kapsul Dipajang di Alun-alun

Link Banner

BANDUNG | Harian Waktu – Prototipe Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul sudah tiba di Kota Bandung. Gerbong kereta tersebut dipajang di samping Halte Bus Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika, kemarin.

Panjang gerbong tersebut sekitar 5 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Warna gerbong dicat perpaduan biru, abu-abu dan hitam. Terdapat logo Pemkot Bandung dan tulisan Metro Kapsul.

Metro Kapsul ini akan dibangun sepanjang enam kilometer. Pembangunannya dibagi dua tahap, tahap 1 Stasiun Bandung (Kebonjati)-Pasar Baru-Jalan Dalem Kaum sepanjang tiga kilometer. Lalu tahap 2 diteruskan hingga Tegalega dan memutar kembali hingga Stasiun Bandung.

LRT Metro Kapsul menggunakan teknologi transportasi asal Indonesia. Salah satu pembuatnya yakni PT Teknik Rekayasa Kereta Kapsul (Trekka) yang dibuat di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan LRT ini merupakan hal baru bagi masyarakat. Maka itu, angkutan transportasi tersebut perlu sosialisasi.

“Ini bagian dari sosialisasi karena ini barangnya baru, warga harus bisa lihat aslinya seperti apa. Jadi LRT metro kapsul yang sebentar lagi akan dibangun, kita pasang di Alun-alun sehingga warga bisa mengapresiasi dan mengomentari. Mudah-mudahan dengan feedback dari warga, kita bisa sempurnakan,” ujar Emil di Pendopo Kota Bandung, kemarin.

Emil berharap ke depannya LRT Bandung Metro Kapsul tersebut bisa terhubung juga ke daerah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung dan daerah lainnya di kawasan Bandung Raya.

“Pengadaan transportasi massal ini diharapkan dapat membantu perkembangan ekonomi warga. Dan bagi masyarakat yang ingin melihat prototype metro kapsul dapat langsung melihat di Alun-alun Bandung,” kata dia.

“Setiap ada inovasi yang memang akan segera dieksekusi, kita memperkenalkan supaya kita masih menerima masukan, kritikan, dan saran dari warga. Karena kan kota ini dibangun prinsipnya bersama-sama,” sambungnya.

Pria yang baru saja pulang dari ibadah umrah itu menuturkan bahwa Metro Kapsul merupakan salah satu solusi atas keresahan warga yang menginginkan adanya fasilitas transportasi baru yang nyaman dan aman. Metro Kapsul dihadirkan agar warga mau mulai beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Proyek Metro Kapsul adalah percontohan yang dilakukan menggunakan teknologi terbaru karya dalam negeri. Teknologi ini terhitung lebih murah dibandingkan dengan harga LRT pada umumnya. Jika biasanya satu gerbong LRT bisa mencapai harga Rp400 miliar, Metro Kapsul hanya dibanderol dengan harga Rp150 miliar per gerbong.

“Anggarannya semua dari swasta. Ini memudahkan percepatan investasi, karena swasta tidak perlu banyak subsidi ke kami,” tutur Emil.

Proyek ini akan dikerjakan oleh BUMN,yakni PP, atas penunjukkan langsung melalui Keputusan Presiden. Pembangunan tahap pertama ini direncanakan akan dilakukan sepanjang 6 km dari Stasiun Bandung menuju Jalan Dalem Kaum. Jika proyek ini berhasil dan diterima oleh masyarakat, maka rute akan diperpanjang ke wilayah lain.

Emil bahkan memproyeksikan teknologi ini akan digunakan sepanjang 40 km di masa depan sesuai dengan cetak biru grand desain transportasi Kota Bandung. Kelak, LRT ini juga diharapkan bisa menghubungkan kota/kabupaten sekitar Bandung dengan Kereta Api Cepat yang akan dibangun di masa mendatang.

Purwarupa LRT Bandung Metro Kaspul tersebut dipajang di dekat halte bus Alun-Alun Bandung, Jalan Asia Afrika Kota Bandung. Purwarupa LRT Bandung Metro Kapsul memiliki panjang sekitar sekitar empat meter dengan lebar sekitar dua meter lebih.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi menjelaskan pembangunan kereta ini masih menunggu draft LRT rampung. “Menunggu draft Perpres selesai. Minta pertimbangan wali kota yang akan melakukan perjanjian. Kemenhub minta pak wali untuk mempelajari. Kalau acc akan diajukan ke Setneg,” ujar Didi. Zacky

Category: Bandung RayaTags:
resto
No Response

Leave a reply "Mimpi Urang Bandung Segera Terwujud, Prototipe Metro Kapsul Dipajang di Alun-alun"

[+] kaskus emoticons