Usaha Nisan Bak Tidak Menentu

oleh

KARANGTENGAH | Harian Waktu – Setiap orang yang hidup suatu saat nanti pasti akan menemui ajalnya. Kematian kadang merupakan hal yang menyedihkan, meninggalkan anak, meninggalkan suami atau istri, meninggalkan kerabat, atau meninggalkan cucu.

Sebagai penanda akan kematian seseorang, adat-istiadat yang umum dilakukan di Cianjur adalah mendirikan dan membangun pusara dengan mempercantik makam orang yang dicintainya, lengkap dengan nama, tanggal lahir, dan tanggal kematian. Ini berguna buat mengingatkan anak cucu mereka kelak tentang siapa leluhurnya dulu.

Salah satu pembuat tempat pusara (Nisan Bak) atau yang biasa kita kenal makam ini adalah Ahmad Farid warga Kampung Karet, Desa Babakan Caringin, Kecamatan  Karang tengah. Nisbak yang di buatnya ini sedikit berbeda dengan nisbak lain, biasanya nisbak di buat dengan bahan batu granit namun nisbak buatan Farid ini terbuat dari keramik.

“Karena di Cianjur sulit untuk mendapatkan bahan batu granit, saya pun membuat dengan bahan keramik yang di buat dengan system pengecoran. Nisbak berbahan keramik ini lebih murah jika di banding nisbak granit, padahal untuk proses pembuatan nya lebih rumit,” ungkap Farid.

Untuk papan nama, tanggal lahir dan kematian, bisa dipesan disini sesuai permintaan dengan batu marmer, granit atau di keramik yang ditulis atau langsung dipahat di batu nisan.

“Untuk pesanan batu nisan bisa dipesan disini, tapi saya pesan lagi ke tempat lain karna saya belum punya alatnya,” terang Farid.

Untuk harga yang di tawarkan cukup murah mulai dari 800 ribu rupiah sampai 2 juta rupiah tergantung bentuk dan model yang diinginkan konsumen. Dalam sehari Farid bisa menghasilkan 3 Nisbak, namun untuk penjualannya tak pernah menentu kadang sehari bisa terjual 3 buah tapi tak jarang juga dalam satu bulan tidak ada yang terjual sama sekali.

“Pada waktu nisbak ini terjual banyak, maka saya harus pintar–pintar menyimpan uang nya tapi kadang–kadang uang yang saya dapat saya gunakan untuk menutupi hutang, karena saat simpanan saya habis dan nisbak belum ada yang terjual mau tidak mau saya harus pinjam ke teman atau saudara,” keluh Farid.

Untuk wilayah yang terjangkau atau dalam kota, Farid siap  melayani pengiriman sekaligus pemasangan nisan dengan sedikit tambahan biaya. Asep Hendrayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco