Maitimo Cukup Prospek

oleh

BANDUNG | Harian Waktu – Raphael Maitimo menunjukkan kemampuan adaptasi yang cukup baik dan memperlihatkan prospek bagus. Belum sepekan bergabung dan menjalani latihan bersama skuat Persib Bandung, pemain naturalisasi itu langsung membayar kepercayaan yang diberikan Maung Bandung.

Setelah mencetak gol di laga uji coba melawan Persika Karawang, mantan pemain timnas Belanda U-19 itu kembali menunjukkan potensinya sebagai gelandang yang cukup produktif ketika menjebol gawang Bali United dalam laga persahabatan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, akhir pekan lalu.

Meski Persib akhirnya menelan kekalahan 1-2 dari Bali United, tapi Maitimo memberikan isyarat jika Persib membutuhkan tenaganya. Apalagi dalam sistem permainan, peran Maitimo bukan hanya di posisi gelandang, juga bisa diberikan peran sebagai penyerang.

Kendati kondisi staminanya tampak masih belum ideal, Raphael Maitimo cukup mampu memainkan peran sentral di lini tengah. Bermain selama 45 menit, gelandang naturalisasi asal Belanda itu luwes dalam mendistribusikan bola dan jeli mengirim umpan kunci yang kemudian mengantarkan gol.

Pemain 33 tahun itu juga punya penguasaan bola yang baik dan mampu mendribel bola sembari berlari melewati lawan. Setelah membagi bola ke sisi sayap, dia juga rajin membantu penyerangan dengan merangsek hingga ke dalam kotak penalti.

Akurasi tembakan kemudian dipamerkan eks gelandang PSM Makassar itu saat mencetak gol melalui tendangan bebas dari tepi kotak penalti. Satu  gol tersebut diakui Pelatih Djadjang Nurdjaman cukup berkelas sehingga menguatkan niatnya untuk menjadikan Maitimo sebagai eksekutor bola-bola mati.

“Golnya cukup berkelas, tim ini punya makin banyak pilihan untuk eksekutor bola mati. Secara permainan dia juga cukup cepat beradaptasi dan menjalankan peran gelandang serang meski memang kondisi fisiknya (stamina) masih perlu terus ditingkatkan,” ujar Djanur.

Penampilan Maitimo pada laga debut berkostum Persib seolah menegaskan ucapannya bahwa dia sanggup memainkan semua peran di atas lapangan, kecuali penjaga gawang. Namun, Maitimo mengingatkan, performa dan laga itu tidak dapat dijadikan tolok ukur penampilan terbaik dia secara khusus, apalagi Persib secara tim. Laga itu adalah uji coba, apalagi kualitas lawan yang merupakan kontestan Liga 2 ada di bawah Persib.

“Hal bagus yang didapat adalah perkembangan dalam proses adaptasi. Saya menikmati peran (gelandang serang) dan saya memang bisa bermain di posisi apa saja asal bukan kiper. Kami masih harus terus meningkatkan banyak hal, khususnya saya, harus terus beradaptasi karena saya baru dan terus meningkatkan kondisi fisik. Tapi saya yakin tidak butuh waktu lama karena tim ini dihuni pemain-pemain bagus,” ujar Maitimo. Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco