Hari Pertama UNBK SMA Berjalan Lancar

oleh

CILAKU | Harian Waktu – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Cianjur berjalan lancar. Pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA sederajat ini  disambut baik oleh panitia maupun peserta. Jauh sebelum pelaksanaan UNBK para panitia telah benar-benar mempersiapkan semua aspek baik dari segi fasilitas maupun kesiapan para siswa dalam menghadapi UNBK.

Seperti yang disampaikan Ketua Panitia UNBK SMAN 1 Cilaku Nandang Mochamad Anwar, persiapan menjelang UNBK tahun kedua ini disiapkan sematang mungkin agar pada saat pelaksanaan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Disini UNBK yang ke dua kali, jadi tidak terlalu banyak masalah. Masalah teknis anak-anak sudah dibekali latihan seperti simulasi dan try out. Yang paling utamanya, keamanan alat-alat harus betul-betul terjamin, jangan sampai komputer hilang,” ujarnya di sela-sela istirahat.

Berkaitan dengan keamanan saat pelaksanaan UNBK, Kanit Bimas Polsek Cilaku turun langsung mengawasi pelaksanaan pengamanan UNBK di setiap sekolah. Tanpa seragam kepolisisan, IPDA Zanuzi, S.Pd.I,Mm tetap gagah memantau pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Cilaku.

“Atas perintah pimpinan, prosedur pengamanan UN tetap berjalan meskipun tidak menggunakan baju dinas, biar mereka tetap merasa aman, lancar, dan lain sebagainya” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan UNBK tingkat SMA /MA ini, para panitia juga telah melakukan koordinasi dengan lembaga terkait, seperti PLN dalam mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik.

Berbeda dengan SMAN 1 Cilaku yang telah dua kali melaksanakan UNBK, tahun perdana pelaksanaan UNBK di SMA Islam Al-Maziyyah terkendala jumlah komputer mengingat sekolah ini hanya memiliki satu lab Komputer. Seluruh peserta UNBK di sekolah ini berjumlah 69 orang, yang berasal dari beberapa kelas XII jurusan IPA dan IPS yang dibagi menjadi tiga sesi.

“Ada beberapa hal yang memang menjadi kelebihan UNBK diantaranya lebih efisien waktu kemudian tenaga. Mungkin hanya di awal saja untuk pengadaan komputer karena kita keterbatasan, biayanya lumayan banyak,” tutur wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Findi Alexsandy.

Para siswa juga merasakan adanya perbedaan antara UN yang berbasis Komputer dengan UN manual yang masih menggunakan kertas. Baik UNBK maupun UNKP memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dengan tujuan utama yang sama. HW2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco