Istri Masih Dominasi Gugatan Cerai

oleh

CIJATI | Harian Waktu – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cijati menyatakan gugatan cerai pihak istri masih mendominasi perceraian masyarakat. Banyak alasan istri yang menggugat cerai suaminya. Namun kebanyakan masih karena masalah ekonomi.

Menurut Ketua KUA Cijati, Syarif, walaupun angka perceraian bisa dibilang sangat jarang di Kecamatan Cijati, namun kasus gugatan pihak istri yang masih mendominasi. Hal itu berdasarkan pada salinan yang diberikan pihak Pengadilan Agama (PA) Cianjur ke KUA Cijati.

Soal perceraian ini, kata Syarif, masyarakat selalu langsung ke PA, tidak melalui KUA Kecamatan terlebih dahulu. Disinilah sebabnya untuk angka yang pasti pada kasus perceraian sangat sulit diterangkan. Apakah itu prosesnya gugatan cerai istri ataupun permohonan dari pihak pria.

“KUA hanya tahu persoalan pernikahannya saja. Kalau perceraianya pengguat langsung mendaptarkan ke PA di Cianjur tanpa memberitahu KUA Kecamatan,” katanya.

Sementara menurut Syarif, untuk proses pernikahan, pihak KUA tetap berpegang teguh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Yaitu UU Pernikahan yang menyatakan untuk calon mempelai pria harus berusia minimal 19 tahun dan calon mempelai wanita harus lebih dari 16 tahun.

Demikian juga halnya, Syarif memperlihatkan inovasi layanan pernikahan dengan sistem Billinger untuk mempercepat proses dan meminimalisir terjadinya praktek pungli dilingkungan KAU. Sistem billing mengharuskan yang hendak menikah menyetorkan biaya pernikahannya langsung melalui bank yang sudah ditunjuk. Lalu setelah ada laporan pelunasan biaya nikah baru dilaksanakan ijab kobulnya disertai dengan blanko surat nikah resmi dari KUA.

“Untu biaya pernikahan sekarang sebesar 600 ribu rupiah,” ujarnya.

Hanya saja, masih menurut Syarif, untuk daerah Kecamatan Cijati ini sering terjadi gangguan teknis disektor jaringan internet yang leletnya minta ampun. Walaupun demikian, pihak KAU Cijati mohon kesadaran dari masyarakat karena hal seperti ini diluar kemampuan pihaknya. “Jaringan providernya lemot pisan,” keluhnya yang diamini oleh 3 staf yang hadir. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco