Menjelang Ramadhan Bengkel Kubah Masih Sepi Order

oleh

KARANGTENGAH | Harian Waktu – Omzet penjualan pengrajin kubah masjid di Kabupaten Cianjur menurun drastis dibandingkan permintaan tahun lalu. Penurunan omzet ini terjadi karena ketatnya persaingan di bisnis ini. Akibatnya menjelang bulan Ramadhan yang biasanya ramai kini masih sepi orderan.

Seperti yang di rasakan bengkel kubah Salsabila yang terletak di Jalan Raya Cianjur – Bandung Km. 7, Desa Bojong.

Menurut Enda garda pemilik bengkel Salsabila , sebetul nya untuk di dalam kota hanya ada dua bengkel kubah, namun belakangan ini banyak  produk dari kota lain yang masuk ke Cianjur. Mereka menggunakan system mesin untuk pembuatannya sehingga bisa menghasilkan kubah lebih cepat dengan harga yang murah.

“Walau dari segi kualitas kami bisa menjamin tapi biasanya konsumen cari barang yang murah. Perbedaan antara barang pabrik dengan yang manual memang susah di bedakan, apalagi oleh orang awam,” terang Enda.

Tahun lalu Enda mengaku mampu menjual kubah masjid dalam berbagai ukuran hingga 10 kubah per bulannya. Harga kubah masjid ini tergantung ukuran, mulai dari harga  Rp 300 ribu untuk kubah ukuran kecil sampai 10 juta rupiah untuk ukuran yang besar.

“Tahun lalu sebelum produk dari kota lain masuk ke Cianjur, pesanan sudah mulai meningkat ketika menjeng bulan Ramadhan. Namun di tahun ini kita masih sepi dari pesanan padahal Ramadhan sudah dekat,” ucap Enda.

Sebetulnya untuk mengatasi hal ini Enda sudah menyusun berbagai strategi pemasaran, sala satu cara yang ia gunakan adalah bekerjasama dengan beberapa yayasan yang bergerak di bidang ke agamaan. Namun belakangan ini yayasan – yayasan tersebut pun tidak melakukan pemesanan ke bengkelnya.

“Sudah dua bulan ini tidak ada yayasan yang memesan kubah. Padahal biasanya dalam 1 bulan ada saja yayasan yang memesan 4 sampai 5 kubah,” pungkas Enda.

Namun Enda berharap dengan semakin meningkatnya pembangunan di Kabupaten Cianjur, semoga bisa memberikan dampak positif juga bagi para pengrajin kubah mesjid. Asep Hendrayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco