Ratusan Mahasiswa Kawal Sidang Gugatan Tanah Unsur

oleh

CIANJUR  | Harian Waktu – Ratusan mahasiswa dari lima fakultas Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur mendatangi Gedung Pengadilan Negeri (PN) Cianjur, kemarin. Kedatangan mereka untuk mendukung pihak Rektorat dan Yayasan Unsur atas sidang lanjutan gugatan tanah yang ditempati Unsur.

Mahasiswa sebelumnya berkumpul di kampus pukul 08.00 WIB selanjutnya berjalan kaki menuju PN Jalan Dr Muwardi (By Pass) Cianjur. Tiba pada pukul 10.00 WIB mahasiswa langsung menggelar orasi di depan PN.

Perwakilan tiap fakultas langsung menyampaikan orasinya sambil menerikan yel sebagai dukungan atas lembaga mereka yang kini tengah didzolimi. “Kami akan mendukung lembaga Unsur dari rongrongan orang yang ingin merusak pendidikan di Cianjur, ada sekitar 6.500 mahasiswa yang akan jadi korban bila ada pihak yang akan mengganggu Unsur,” kata salah seorang mahasiswa Unsur Agus Rustandi dalam orasinya.

Menurut Agus, aksi juga untuk mengawal proses persidangan sengketa gugatan. Keberadaan tanah Unsur juga merupakan milik lembaga yang sah dan legal, apalagi digunakan untuk perkuliahan. “Tanah milik mahasiswa untuk mahasiswa, maka kami akan kawal proses persidangan selanjutnya sampai putusan dan ingkrah,” ungkap Agus.

Koordinator Lapangan Aliansi Mahasiswa Unsur Salman Al Fath mengungkapkan, aksi bertujuan untuk mempersatukan mahasiswa Unsur agar peka terhadap problematika Unsur saat ini. “Ya untuk menyadarkan pula mahasiswa bahwa Unsur ini rumah kita dan harus dipertahankan oleh kita,” terang Salman.

Terkait proses hukum yang tengah berjalan, Salman menilai pihak penggugat tidak relepan ketika melakukan gugatan pada institusi pendidikan, karena bisa menghambat proses pendidikan pada generasi-generasi penerus bangsa. “Apalagi yang menggugat Unsur dari Alumni juga, kan tidak relepan,” sesalnya.

Kepala Biro Kemahasiswaan yang juga Tim Pengacara Unsur, Buchori Muslim MH meyakini jika pihaknya bisa memenangi gugatan penggugat atas tanah Unsur. “Alasanya selain gugatan lemah juga bukti-bukti yang tidak kuat. Nanti bisa dilihat pada persidangan,” jelasnya.

Pihak PN Cianjur dalam menerima perwakilan aksi mahasiswa mengungkapkan, jika majelis hakim akan mengadilidengan seadil-adilnya, dan meminta mahasiswa agar tertib saat sidang digelar.

“Silahkan yang mau lihat persidangan meski terbatas, sidang harus tertib mungkin kalau mau lihat silahkan, persidangan berjalan, sehingga tidak terpengaruh oleh ucapan yel-yel aksi,” terangnya. (HW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco