Jelang Ramadan, Stok Pangan di Jabar Aman

oleh

BANDUNG | Harian Waktu – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memastikan stok pangan menghadapi bulan Ramadan cukup aman untuk berbagai jenis komoditi, baik dari sisi jumlah maupun distribusi.

“Sampai saat ini kondisi pangan baik dari sisi stok maupun distribusi aman sehingga untuk pangan menghadapi Bulan Ramadhan tahun ini akan tetap aman,” ungkap Aher, Jumat (14/4).

Merujuk pada pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, menghadapi bulan Ramadan, untuk beberapa komoditas diprediksi akan mengalami kenaikan. Hal itu dipicu, oleh adanya kenaikan konsumsi masyarakat sehingga memengaruhi harga barang kebutuhan pokok.

“Dengan kondisi tersebut, kepada masyarakat dihimbau jangan membeli barang berlebih. Untuk Ramadan, lebih baik tingkatkan kualitas ibadah,” ungkapnya.

Sementara itu Kadis Perindag Jabar Hening Widiatmoko dalam keterangan secara terpisah mengatakan, untuk menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah, beberapa waktu lalu sudah menggelar rapat koordinasi.

Dari pertemuan tersebut, ada 10 daerah yang menyatakan siap menghadapi Lebaran termasuk Jabar. Stok barang di Jabar, beras siap untuk delapan bulan. Cuma yang jadi masalah harga eceran tertinggi gula pasir 12.500/kg, sementara harga di Jabar masih Rp14.000.

Untuk minyak goreng curah, harga eceran tertinggi (HET) Rp10.500/kg, tetapi di Jabar masih Rp12.000/kg. Sementara untuk  kebutuhan daging sapi masih belum dipenuhi, kekurangannya  bisa dipenuhi melalui impor. Sampai saat ini kebutuhannya minus, sementara untuk daging dan telur ayam Jabar surplus.

“Dalam raker tersebut kami hanya  mempermasalahkan daging sapi karena minus 500 ribu ton. Akan menjadi sangat bermasalah kalau stoknya tidak dipenuhi. Maka akan membuat harga melonjak. Kalau stoknya ga ada dikhawatirkan akan semakin meroket harganya,” ungkap Hening.

Dengan kondisi tersebut, diharapkan para dirjen turun ke daerah untuk memberikan arahan kepada para distributor barang kebutuhan pokok agar tidak main-main dengan stok untuk Ramadan. Distributor harus terdaftar supaya terkontrol dan jika ada yang melanggar keputusan menteri maka akan dicabut izinnya. Nur Cahyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco