Kepala Sekolah Dasar Banyak Yang Kosong Disdikbud Siapkan Seleksi

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Banyaknya Sekolah Dasar yang tidak mempunyai kepala sekolah secara depinitif. Kondisi tersebut terjadi  diakibatkan banyaknya kepala sekolah yang pensiun setiap tahunnya tapi untuk pengangkatan hanya dilakukan untuk sementara.

Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Hilman Sujadi mengatakan, penyebab terjadinya kekosongan jabatan itu tidak lain karena setiap tahunnya ada kepala sekolah yang sudah pensiun atau meningal dunia. Maka untuk mengisi kekosongan tersebut, dilakukan penujukan guru setempat atau kepala sekolah yang memegang dua sekolah sebagai pelaksana tugas sementara.

“Konsekuensi logisnya jika terjadi kekosongan jabatan di tunjuk PLH atau PLT dan itu tidak berarti kosong begitu saja,” terangnya.

Hilman mengatakan, terkaiat adanya seleksi dan mutasi kepala sekolah dasar seperti yang dialsanakan pada jenjang SMP kemarin. Hal itu juga akan di jalankan pada tingkatan SD yang panitia pelaksananya juga sama oleh Pansel, tentunya atas intruksi kebijakan bapak bupati.

“Kami akan membantu dan turut memikirkan bagaimana teknis yang harus dilakukan, mengingat jenjang sekolah dasar itu sangat kompleks dari segi jumlah,”ungkapnya.

Dia menambahkan secara teknis seleksi tentunya harus dipikirkan secara matang karena di bandingkan dengan SMP,  Sekolah Dasar lebih banyak 1238 Sekolah Negeri. “Tentunya kajian secara mendalam tentang bagaimana keterlibatan UPTD Kecamatan dalam prosesnya, dan hal-hal lain, harus betul-betul terencana, sehingga dalam prosesnya tidak ada permasalahan,” ujarnya.

Sementara itu, kepala bidang Sekolah Dasar, Agus Supiandi membenarkan banyaknya kekosongan jabatan di tingkatan SD, dari 32 kecamatan hampir di setiap kecamatan ada sekolah yang kepala sekolahnya bersifat sementara. “Pada prinsipnya, seleksi itu untuk calon Kepala Sekolah yang sedang promosi  dan  penilaian kinerja untuk kepala sekolah yang sedang menjabat,” ujarnya.

Proses penyeleksian kepala sekolah tingkat SD perlu dilakukan kembali, dan akan di reposisi oleh pemerintah daerah secara professional, bagi kepala sekolah yang sekarang menjabat. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco